PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Putu Ayu Dewantari Universitas Terbuka
  • Fajeri Arkiang Institut Elkatarie, Lombok Timur, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran, Media, IPA

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk melihat adanya kenaikan hasil belajar IPA apabila menggunakan penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media konkret pada siswa Tunarungu kelas V SLBN 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan ragam penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan melalui dua tahapan atau siklus, masing-masing siklus dilaksanakan melalui langkah-langkah, yaitu (1) mengagendakan penelitian, (2) melakukan aktifitas perbaikan pembelajaran, (3) mengamati dan (4) merefleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa Tunarungu Kelas V SLBN 1 Gianyar yang berjumlah 5 orang, semuanya berjenis kelamin laki-laki. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan mempergunakan teknik test dan non test. Data yang didapat ditelaah dengan deskrisptif kualitatif serta kuantitatif. Telaah dari penilaian memperlihatkan nilai pada siklus ke-1 rata-ratanya adalah 74, serta nilai pada siklus ke-2 rata-ratanya adalah 82. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siklus ke-1 menuju siklus ke-2 sebanyak 10,81%. Melalui pemaparan tersebut kita dapat simpulkan pelaksanan pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan media konkrit mampu meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Tunarungu Kelas V SLBN 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2025-03-17

Issue

Section

##section.default.title##