LITERATUR REVIEW: ETNOMATEMATIKA KABUPATEN AGAM, LIMA PULUH KOTA, DAN TANAH DATAR

Authors

  • Rafki Nasuha Ismail Universitas Negeri Padang

Keywords:

Minangkabau Ethnomathematics, Mathematics in traditional architecture, Traditional games, Cultural integration in mathematics education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkaji literatur mengenai etnomatematika di Kabupaten Agam, Lima Puluh Kota, dan Tanah Datar, dengan fokus pada tradisi budaya dan praktik sehari-hari yang mencerminkan konsep-konsep matematika lokal. Etnomatematika berperan penting dalam menghubungkan budaya dan pembelajaran matematika, yang memungkinkan siswa untuk melihat matematika sebagai sesuatu yang dekat dan relevan dengan kehidupan mereka. Literatur review ini mengeksplorasi berbagai penelitian sebelumnya, termasuk teori, metode, dan hasil yang relevan dengan konsep matematika dalam seni, arsitektur, permainan tradisional, serta sistem pertanian masyarakat setempat. Diharapkan bahwa studi ini dapat memperkaya pemahaman tentang penerapan etnomatematika dalam kurikulum pendidikan di wilayah-wilayah tersebut, serta menginspirasi pengembangan kurikulum berbasis budaya yang lebih inklusif dan bermakna.

Published

2025-03-17

Issue

Section

##section.default.title##