LITERATUR REVIEW PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS PROVINSI SUMATERA BARAT, RIAU DAN JAMBI
Keywords:
pembelajaran berdiferensiasi, matematika, sekolah menengah atas, Sumatera Barat, Riau, JambiAbstract
Artikel ini membahas hasil literatur review mengenai penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran matematika pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di provinsi Sumatera Barat, Riau, dan Jambi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan individu siswa, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Hasil literatur menunjukkan bahwa pendekatan ini memberikan dampak positif pada keterlibatan siswa dan hasil belajar, dengan strategi yang melibatkan pengelompokan berdasarkan kemampuan, tugas berbasis minat, serta pemanfaatan teknologi sebagai alat bantu. Namun, beberapa tantangan ditemukan dalam implementasinya, seperti keterbatasan sumber daya, beban administratif bagi guru, dan kebutuhan akan pelatihan profesional. Kesimpulan dari kajian ini menyoroti pentingnya dukungan kebijakan pendidikan, peningkatan keterampilan guru, serta pemanfaatan teknologi dalam memfasilitasi pembelajaran berdiferensiasi yang efektif. Artikel ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inklusif dan adaptif untuk memenuhi kebutuhan siswa di berbagai daerah