PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII SMP

Authors

  • Rudi Efendi Universitas Adzkia
  • Meria Ultra Gusteti Universitas Adzkia
  • Asrina Mulyati Universitas Adzkia

Keywords:

E-LKPD, Problem-Based Learning, Pemecahan Masalah, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas E-LKPD berbasis Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII SMP IT Adzkia. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada temuan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dan menyelesaikan soal berbasis masalah, terutama dalam tahap menyusun strategi, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali jawaban. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, Dissemination) dengan instrumen berupa wawancara, observasi, tes, serta angket validitas dan praktikalitas. Hasil validasi menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan tingkat validitas 86,35%. Hasil praktikalitas oleh pendidik mencapai 80,35% (praktis), sedangkan hasil praktikalitas oleh peserta didik mencapai 75,5% (praktis). Uji efektivitas dengan pretest dan posttest menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata meningkat dari 53,07 menjadi 83,8, menunjukkan kategori sangat efektif. Dengan demikian, E-LKPD berbasis PBL terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Downloads

Published

2025-03-17

Issue

Section

##section.default.title##