IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS

Authors

  • Dea Rahmadani Mahasiswa

Keywords:

miskonsepsi, three tier, kinematika gerak lurus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahpahaman siswa SMA dalam mempelajari kinematika gerak lurus melalui tes diagnostik tiga tingkat. Tes ini meliputi (1) mengidentifikasi apakah siswa mengalami miskonsepsi atau tidak, (2) menentukan bagian materi di mana siswa mengalami miskonsepsi, dan (3) mengungkap faktor-faktor penyebab terjadinya miskonsepsi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka dengan menganalisis 30 artikel sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui pengumpulan artikel ilmiah yang memiliki kesamaan topik terkait miskonsepsi siswa dalam kinematika gerak lurus, yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi paling banyak ditemukan pada materi Kecepatan, Percepatan, dan Kelajuan, diikuti oleh materi jarak dan perpindahan, gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB), gerak vertikal, gerak jatuh bebas, serta kurangnya kemampuan siswa dalam membaca grafik gerak. Faktor utama penyebab miskonsepsi ini adalah metode pembelajaran yang kurang efektif, buku teks yang sulit dipahami, serta pengalaman siswa yang tidak sesuai dengan konsep ilmiah yang benar.

Downloads

Published

2025-03-13

Issue

Section

##section.default.title##