TIPOGRAFI SEBAGAI BENTUK EKSPRESI VISUAL DALAM MEDIA CETEK DAN DIGITAL
Keywords:
Media Sosial, tipografi, desain komunikasi visual, visual, ekspresif, mediaAbstract
Penelitian ini mengkaji transformasi peran tipografi sebagai bentuk ekspresi visual dalam media cetak dan digital. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, penelitian ini menganalisis evolusi fungsi tipografi, aspek ekspresif dalam komunikasi visual, serta implementasinya dalam berbagai platform media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan teknologi telah membuka spektrum baru dalam eksplorasi tipografi, menciptakan paradigma baru dalam praktik desain komunikasi visual. Konvergensi antara media cetak dan digital menghasilkan pendekatan inovatif dalam implementasi tipografi, di mana karakteristik unik dari masing-masing medium dapat diintegrasikan untuk menciptakan pengalaman visual yang lebih kaya. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam pengembangan tipografi kontemporer, termasuk isu teknis, aksesibilitas, dan optimalisasi untuk berbagai platform.
References
Adhitya, G. R., Dewi, A. K., & Nuriarta, I. W. (2023). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL PADA MEDIA PROMOSI EVENT OPEN STUDIO 7 DI FLORTO STUDIO. 4(1), 68–75.
Ariesta, I. (2023). TIPOGRAFI PADA MEDIA 3 DIMENSI SEBAGAI DUTA PESAN YANG EFEKTIF. (9), 589–599.
Arifrahara, G. (2021). Analisis Penggunaan Tipografi Spasial Sans Serif Dalam Ruang Publik Taman Tematik Kota Bandung. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 92–104. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.3804
Darul, U., Presica, S. E., Bukhori, A., Al, U., & Malang, Q. (2024). Dawatuna : Journal of Communication and Islamic Broadcasting Dawatuna : Journal of Communication and Islamic Broadcasting. 4, 1907–1921. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i5.4414
Fais, V. El, Avisena, D. F., & Majid, M. A. (2024). Pengaruh Tipografi pada Persepsi Pesan dalam Iklan Digital untuk Generasi Z. (2), 20–24.
Hananto, B. A. (2020). Tinjauan Tipografi dalam Konteks industri 4.0. Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA) 2020, 3, 132–139. Retrieved from https://eprosiding.std-bali.ac.id/index.php/senada/article/view/278
Indrawati, N. R., Studi, P., Bisnis, A., Susanti, E. D., Studi, P., & Bisnis, A. (2025). PERAN BUSINESS CONSULTANT DALAM TRANSFORMASI DIGITAL UMKM MELALUI PROGRAM APINDO UMKM. 3(1), 222–227.
Moran, G., Muzellec, L., & Johnson, D. (2020). Message content features and social media engagement : evidence from the media industry. 5(September 2019), 533–545. https://doi.org/10.1108/JPBM-09-2018-2014
Mu’yidarrahmatillah, A. A. (2024). Pemetaan Penelitian Literasi Lingkungan : Analisis Bibliometrika Tahun 1971 s / d 2024. 5(2013).
Natalina, C. C., & Mutmainah, S. (2024). Berkarya Tipografi Bertema Gaya Hidup Berkelanjutan. 12(2), 75–88.
Pearce, W., Özkula, S. M., Greene, A. K., Teeling, L., Bansard, S., Omena, J. J., … Visual, R. (2020). Visual cross-platform analysis : digital methods to research social media images. 4462. https://doi.org/10.1080/1369118X.2018.1486871
Prameswari, N. S., Krisnawati, M., Widagdo, P. B., & Luthfia, K. H. (2023). Desain E-Katalog Umkm Fesyen “Womanpreneur Community” Surakarta Dalam Transformasi Ekonomi Digital. Fashion and Fashion Education Journal, 12(2), 39–53. https://doi.org/10.15294/ffej.v12i2.74315
Sari, E. (2024). INTEGRASI TEKNOLOGI WEB DENGAN PENINGKATAN DAN TANTANGAN DALAM KONTEKS INTERNET of THINGS (IoT) DENGAN ANALISIS KOMPREHENSIF TERHADAP IMPLEMENTASI, MANFAAT, DAN KENDALA. 1, 15–21.
Setiautami, D. (2023). KOMPUTERISASI SEBAGAI MEDIA KARYA TIPOGRAFI EKSPERIMENTAL. (9), 445–458.
Vedaarum, M. J. R., & Islam, M. A. (2023). Analisis Preferensi Gaya Desain Y2K Pada Visual Desain Konten Instagram @Popbela_Com. Jurnal Barik, 5(1), 183–195. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Wang, E. (2013). The influence of visual packaging design on perceived food product quality, value, and brand preference. International Journal of Retail & Distribution Management, 41. https://doi.org/10.1108/IJRDM-12-2012-0113
Wilestari, M., Mujiani, S., Sugiharto, B. H., Sutrisno, S., & Risdwiyanto, A. (2023). Digitalisasi dan Transformasi Bisnis: Perspektif Praktisi Muda UMKM tentang Perubahan Ekonomi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 12(2), 259–268. https://doi.org/10.23887/jish.v12i2.61216
Hendra,Y.,Sakinah,P.,Maulana,F.,&Manurung,K.H.(2024).Integrasi model pembelajaran mesin dalam game menggunakan gerakan tangan. Informatika, 12(3),617-625.
Hendra, Y.Sakinah,P. Thoriq,M. (2023). Evaluasi Kinerja Algoritma Apriori Dalam Pengelompokan Data Transaksi Penjualan Untuk Analisis Pola Pembelian. Journal of Student Development Information System (JoSDIS) 3(2), 220-228.
R.Husna, Y.Hendra and M.I.Akbar (2019) .Comparison Between Apriori and Fp-Growth Algorithms on Inventory Model of Item Availability. J. Ipte. Terap., vol.14, no.3, pp.219 – 229, 2020, doi:https://doi.org/10.22216/jit.v14i3.100.