https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/issue/feedJurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter2025-02-10T09:19:59+07:00Vivi Puspitav.puspita@adzkia.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter merupakan jurnal yang bergerak di bidang penelitian bidang pendidikan dasar yang mengakomodir pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam setiap aktivitas publikasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar dan Karakter diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Jurnal Riset Pendidikan Dasar dan karakter merupakan publikasi ilmiah yang bertujuan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian Dosen dan Mahasiswa di bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, serta tenaga pendidik di lingkup Sekolah Dasar/MI dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Ruang Lingkup Riset meliputi bidang: Matematika SD, Pembelajaran IPA di SD, PKn SD, Pembelajaran IPS di SD, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), serta berbagai Inovasi Pembelajaran yang disarankan tetap mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam setiap publikasi.<br />Jurnal Pendidikan Dasar dan Karakter dipublikasikan oleh Pusat Studi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Adzkia Padang.<br />Sekretariat: Kompleks Yayasan Adzkia Sumatera Barat Gedung Universitas Adzkia Lantai 4, Jalan Taratak Paneh No.7 Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang 25153. Email: ojs@adzkia.ac.id.</p>https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/307Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Karakter pada Tema 2 Subtema 2 di Kelas I Sekolah Dasar2024-12-31T02:32:44+07:00Multia Yuni Utamim.yuniutami@adzkia.ac.idRiri Marfilindariri.m@stkip.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji validitas, praktikalitas, serta efektivitas modul pembelajaran tematik terpadu berbasis karakter pada Tema 2 Subtema 2 di kelas I SDN 11 Tanjung Medan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi oleh ahli desain, bahasa, materi, satu guru, dan 20 siswa menunjukkan tingkat validitas sebesar 78,89% (Valid). Uji praktikalitas memperoleh hasil 83% dari guru dan 82,28% dari siswa (Sangat Praktis). Uji efektivitas menunjukkan persentase 87,5% dari guru dan 75,5% dari siswa (Efektif). Dengan demikian, modul yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.</p>2024-08-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakterhttps://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/341Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 47 Koto Lamo Kabupaten Pesisir Selatan2025-02-10T09:19:59+07:00Jadtri Nurmeliza n.jadtri@adzkia.ac.idrona rossarona.r@adzkia.ac.id<p>Students’ narrative essay writing skills are still low, the reason to write is not optimal in gulding students whwn learning to write narrative essay. Writing narrative essay’s using teh problem based learning (PBL) model for fourth grade students of SD 47 Koto Lamo, Pesisir Selatan Regency. The purpose of this study is to describe the improvement of narrative essay writing skills integrated thematic learning using teh Problem Based Learning (PBL) model at the pre-writing, writing and post-writing stages in fourth grade elementary school studens. This rsearch uses classroom action research with qualitative and quantitative approaches planning in the arrangement includess 1) research, 2) research subject, 3) time, 4) reserch flaw, 5) planning, 6) implementation, 7) observastion, 8) reflection. The research subject were fourth grade students of studens SDN 47 Koto Lamo, Pesisir Selatan Regency, totalling 16 people, 7 boys adan 9 girls, the learning process wass carried out by researchers, class teachers, and colleaguses as observers. The data were collected using the observation technique of students learning reseach results. The results of the research from it 16 studebts in the first cycle of pre writing stages obtained a techinique of 58,6% with poor criteria (K) and the post writing stage they obtained apersentage of 58,91% with poor criteria (K), while in cycle 2 in the pre writing and writing stages get a persentage of 92,5% with very good criteria (A) and at the post writing stage it gets a persentage of 73,82% (B) this means that the implemenation of integrated thematic laeraning using the problem based learning (PBL) model can inprove narrative essay writing skills students. From the results obtained, it can be conciuded that integrated thematic learning using the problem based learning (PBL) model can improve students narritive writing skills in grade IV SDN 47 Koto Lamo, Pesisir Selatan Regency for this reason, the skills of writing narrative essay in tegreted thematic learning can use theproblem based leraning (PBL) model.</p> <p> </p>2024-08-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakterhttps://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/305Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Peserta Didik Kelas IV di SDN 22 Mata Air Kota Padang 2024-12-31T02:20:19+07:00Sisri WahyuniWahyunisisri1985@gmail.com<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketiadaan modul pembelajaran tematik terpadu berbasis <em>Contextual Teaching and Learning</em> (CTL) serta kurangnya keterkaitan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Selain itu, bahan ajar yang tersedia kurang menarik karena minim ilustrasi berwarna dan terbatasnya kolom latihan, sehingga peserta didik kurang optimal dalam mengeksplorasi jawabannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi modul berbasis CTL menggunakan metode <em>Research and Development</em> (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi tahap <em>define</em>, <em>design</em>, <em>development</em>, dan <em>disseminate</em>. Hasil validasi oleh tiga dosen dan satu guru menunjukkan modul sangat valid dengan persentase kelayakan desain (92,5%), bahasa (85,7%), serta materi oleh dosen (87,5%) dan guru (92,5%). Modul juga dinyatakan sangat praktis oleh guru (93,75%) dan peserta didik (95,3%), serta efektif dengan capaian hasil belajar peserta didik di atas 98%. Dengan demikian, modul pembelajaran tematik terpadu berbasis CTL dinyatakan sangat valid, praktis, dan layak digunakan.</p>2024-08-05T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakterhttps://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/311Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan PPT di Kelas V SD Negeri 15 Pasar Lakitan Kecamatan Lengayang2024-12-31T02:57:53+07:00Warnita Ceniw.ceni@adzkia.ac.idHendrizalhendrizaladzkia@gmail.com<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 15 Pasar Lakitan Kecamatan Lengayang yang belum berjalan optimal. Peserta didik masih pasif dalam bertanya, kurang terbiasa memecahkan masalah, serta jarang melakukan diskusi kelompok dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) berbantuan PowerPoint. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 24 peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, dengan perencanaan pembelajaran meningkat dari 65% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II, serta pelaksanaan pembelajaran meningkat dari 67% menjadi 79,1%.</p>2024-08-05T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakterhttps://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/309PROFESIONALISME KERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUTERA2024-12-31T02:45:26+07:00Elvira Angguni Nursafe.angguninursaf@adzkia.ac.idIsmiraismira70@yahoo.co.id<p>Profesionalisme kerja guru meliputi pengetahuan, sikap moral dan keterampilan dalam menjalankan tugasnya menjadi hal yang sangat penting ditingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Profesionalisme Kerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sutera khususnya di Sekolah Dasar 07 Sikabu Munto dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Kompetensi yang diteliti meliputi kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik dan sosial. Hasil penelitian menunjukkan profesionalisme guru pada aspek kompetensi kepribadian “kurang memuaskan”, hal ini terlihat pada tingkat kedispilinan guru dalam mematuhi aturan Sekolah. Profesionalisme guru pada aspek profesional “kurang memuaskan”, hal ini terlihat, pada saat menjelaskan pembelajaran, guru tergantung pada buku. Profesionalisme guru pada aspek kompetensi pedagogik khususnya pada sub aspek kualitas mengajar “memuaskan” namun masih “belum memuaskan” pada sub aspek pemanfaatan dan penggunakan media. Profesionalisme guru pada aspek kompetensi sosial “belum memuaskan”, hal ini terlihat pada indikator kemampuan berkomunikasi kurang efektif dengan semua masyarakat sekolah.</p>2024-08-05T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakterhttps://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/306Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sd Negeri O7 Sikabu Munto Pesisir Selatan2024-12-31T02:27:16+07:00Maya Rama YaniMayaramayani27@gmail.comdini maielfidini.m@adzkia.ac.id<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan guru kurang optimal membuka skema pembelajaran peserta didik pada awal kegiatan membaca , peserta didik sulit berkosentrasi saat membaca teks karena banyak peserta didik yang tidak menggunakan teknik membaca dengan benar, peserta didik mengalami kesulitan dalam menyimpulkan isi teks sehingga banyak hasil nilai keterampilan membaca peserta didik yang tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi <em>Directed Reading Thinking Activity</em> (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 07 Sikabu Munto Pesisir Selatan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis <em>True Experimental Design</em> dengan rancangan <em>posttest-only control design</em>. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V semester I SD Negeri 7 Sikabu Munto Pesisir Selatan yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan lembar keterampilan membaca. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data. Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil pengujian terdapat data dari kelas yaitu berdistribusi normal dan homogen. Selanjtnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan t<sub>hitung </sub>= 2.722 dan t<sub>tabel </sub>= 1.688. Berdasarkan pengujian t<sub>hitung </sub>˃t<sub>tabel </sub>(2.722˃1.688) maka H<sub>0 </sub>ditolak dan H<sub>1 </sub>diterima.</p>2024-08-05T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakterhttps://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/312Pengembangan Modul berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar 2024-12-31T03:03:39+07:00Juni WaldiJuniwaldi11@gmail.comvivi puspitavivipuspita.pendas@gmail.com<p>Peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi, terutama dalam menyelesaikan soal berbasis masalah pada tahap menyusun strategi, menyelesaikan permasalahan, dan memeriksa kembali jawaban. Selain itu, belum tersedia modul berbasis <em>Problem-Based Learning</em> (PBL) sebagai bahan ajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis PBL di kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model 4D (<em>Define, Design, Development, Dissemination</em>). Instrumen penelitian meliputi wawancara, observasi, tes, serta angket validitas dan praktikalitas, dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid (91,8%), praktis menurut pendidik (96,1%) dan peserta didik (87,6%), serta sangat efektif (91%). Dengan demikian, modul berbasis PBL untuk kelas IV SD telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.</p>2024-08-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakterhttps://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/264PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU IV SEKOLAH DASAR2024-10-03T12:27:05+07:00Dilla Elsa Adriand.elsaadrian@adzkia.ac.idIsmiraismira70@yahoo.co.id<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan dimana pendidik masih banyak yang belum menggunakan media pada saat proses belajar mengajar, adapun media pembelajaran hanya menggunakan gambar yang ada pada buku peserta didik sehingga peserta didik kurang termotivasi, materi yang disampaikan kurang dipahami dan berdampak pada hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development/ R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri atas tahap pendefenisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), dan tahap penyebarluasan (Dissimination). Hasil penelitian pengembangan media Fun Thinkers Book dengan 3 orang validator, 1 orang pendidik dan 18 orang peserta didik. Penelitian menujukkan validitas media berada pada kritaria “Sangat Valid” dengan rata-rata hasil validasi sebesar 83%. Praktikalitas media berada pada kriteria “Sangat Praktis” dengan rata-rata hasil praktikalitas 93,95%. Efektivitas mendapatkan presentase 91% dengan kriteria penilaian “Sangat Efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Fun Thinkers Book untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar yang peneliti kembangkan sudah valid, praktis dan efektif.</p>2024-08-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakterhttps://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/310studi literatur implemenyasi model SAVI (somantic, Auditory, Visual and Intellectual) pada pembelajaran di sekolah dasar2024-12-31T02:51:53+07:00Geci Pemirozagecipemiroza10@gmail.comriri Marfilindariri.m@stkipadzkia.ac.id<p>Penelitian ini dilakukan karena keunggulan model pembelajaran SAVI yang tidak ditemukan pada model lain, sehingga menjadikannya sangat cocok diterapkan dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran SAVI di Sekolah Dasar dalam enam tahun terakhir. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif berbasis studi pustaka (<em>literature review</em>). Studi ini mengkaji penerapan model SAVI (<em>Somatic, Auditory, Visual, Intellectual</em>) dalam pembelajaran di Sekolah Dasar berdasarkan analisis terhadap 16 jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model SAVI dapat dikombinasikan dengan model pembelajaran lain, diintegrasikan dengan media pembelajaran, serta diterapkan berdasarkan jenjang kelas dan mata pelajaran. Model SAVI terbukti memiliki dampak positif terhadap pembelajaran di Sekolah Dasar, seperti meningkatkan minat belajar, keaktifan, prestasi, hasil belajar, keterampilan berbicara, aktivitas pembelajaran, serta kemampuan berpikir kritis peserta didik.</p>2025-02-11T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakterhttps://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/263PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO DI KELAS IV SDN 39 PASAR GOMPONG PESISIR SELATAN2024-10-02T08:39:26+07:00Sry Apfaniapfani.sry@gmail.comDesi Vamalizadesivamaliza@gmail.com<p>This writing is motivated by educators in the integrated thematic learning process that has not been fully implemented. The purpose of this paper is to describe the improvement of the thematic integrated learning process using the Problem based learning (PBL) model assisted by video media at SDN 39 Pasar Gompong, Pesisir Selatan Regency.This type of writing is Class Action Writing (CAR), using qualitative and quantitative approaches. The subjects of this writing are writers (practitioners), educators (observers) and fourth grade students at SDN 39 Pasar Gompong, Pesisir Selatan Regency, totaling 16 people. The results of the writing show an increase in the integrated thematic learning process in grade IV. This increase can be seen from: the learning implementation plan (RPP) in the first cycle of the</p> <p>first meeting was 62.5%, in the first cycle of the second meeting it was 67.5% and in the second cycle it was 75%. The implementation of learning in the educator aspect in the first cycle was 64.28, in the first cycle the second meeting was 67.8% and in the second cycle it was 75%. The implementation of learning in the aspect of students in the first cycle was 64.2%, in the first cycle the second meeting was 67.8% and in the second cycle was 78.57%. Based on these results, it was concluded that the Problem based learning (PBL) model assisted by video media could improve the integrated thematic learning process in class IV at SDN 39 Pasar Gompong, Pesisir Selatan Regency. an average of 61.65, b) In the first cycle of the second meeting, the average score was 63.75 and c) in the second cycle of the first meeting, the average score was 89.5.</p>2024-08-05T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakterhttps://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/251EFFECTIVENESS OF MIND MAPPING APPLICATION IN LEARNING IPASS FOR HIGH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN NGAWI SUB-DISTRICT2024-07-18T11:38:35+07:00Ihsan Intaniaihsanintaniar@gmail.com<p><em>This study investigated the effectiveness of mind mapping in science learning at a high-grade primary school in Ngawi sub-district. The purpose of this study was to evaluate the extent to which the use of mind mapping can improve students' understanding of science concepts. The research methods used include construct validity test, Lawshe's CVR, reliability test with Cronbach's alpha formula, and hypothesis testing using Likert scale on questionnaire. Data were collected through questionnaires distributed to high school students in Ngawi District. The results showed that the use of mind mapping significantly improved students' understanding of science concepts, with a questionnaire reliability value of 0.8995 and 91% of respondents showing approval of this technique. The implication of this study is that mind mapping can be an effective tool in improving students' interaction with science learning materials, through visual representations that strengthen concept understanding. </em></p>2024-08-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakterhttps://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/260AL-QUR'AN-BASED CHARACTER EDUCATION: A STUDY THE CONCEPT OF ULUL ALBAB IN ELEMENTARY SCHOOL2024-09-18T20:37:55+07:00Anindhya Faza Arzaqi230401210007@student.uin-malang.ac.idAchmad Khudori Solehkhudorisoleh@pps.uin-malang.ac.id<p><em>This research examines the application of the Ulul Albab concept in Qur'an-based character education in elementary schools. Ulul Albab refers to individuals with a balance of intellectual, spiritual, and emotional intelligence. This research method is a literature review that analyzes various sources related to the concept of Ulul Albab and Islamic character education. The results showed that this concept can be integrated in the curriculum through a holistic approach and Qur'anic values, although there are challenges such as limited resources and variations in concept understanding. However, there are opportunities for development through comprehensive teaching materials, cooperation between schools, and teacher training. Ulul Albab-based character education has the potential to strengthen students' character building according to Islamic values.</em></p>2024-08-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter