Peluang dan Tantangan Transformasi Pendidikan Melalui Teknologi
Keywords:
Transformasi Pendidikan, Teknologi dalam Pendidikan, Peluang, Tantangan, Era DigitalAbstract
Teknologi telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Transformasi digital telah memodifikasi metode pengajaran tradisional menjadi metode pembelajaran yang lebih interaktif, fleksibel, dan berbasis teknologi. Penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar dapat memperluas akses ke pendidikan, meningkatkan efektivitas pembelajaran, serta meningkatkan keterlibatan siswa. Namun, terdapat juga tantangan dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pendidikan, seperti kesenjangan digital dan kurangnya keterampilan teknologi di kalangan beberapa guru dan siswa. Pengabdian masyarakat ini, yang berjudul "Peluang dan Tantangan Transformasi Pendidikan Melalui Teknologi," bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis peluang serta tantangan yang muncul dari transformasi pendidikan melalui teknologi di SMAN 1 Sungayang. Metode yang digunakan meliputi ceramah, sesi tanya jawab, dan diskusi dengan peserta siswa, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang peran teknologi dalam pendidikan dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pendidikan, mengatasi hambatan yang ada, dan memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era digital.
References
Chomsum, A. (2020). Transformasi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–11. https://kumparan.com/aan-herdian89/transformasi-pendidikan-di-era-digital-1zG74Ilpzc4/4
Dina Destari. (2023). Pendidikan Global di Era Digital: Transformasi dalam Skala Internasional. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 538–553. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.602
Giri, A. (2023). Refleksi Pelaksanaan Program Transformasi Digital di Masa Pandemi ( Reflection on the Implementation of the Digital Transformation Program during the Pandemic Period ). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 235–245.
Iin Ariyanti, & Muhammad Yunus. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran bagi Guru Senior Matematika. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 378–387. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1363
Latifah, L., & Ngalimun, N. (2023). Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi Melalui Transformasi Digital Dengan Pendekatan Manajemen Pendidikan Islam Di Era Society 5.0. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 5(1), 41. https://doi.org/10.31602/jt.v5i1.10576
Maksum, A., & Fitria, H. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan di Masa Pandemi. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang , 121–127.
Muchsin, H. (2021). Peluang Dan Tantangan Perguruan Tinggi Menghadapi Revolusi Digital Di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 350–355.
Muhammad Yusuf, Dwi Julianingsih, & Tarisya Ramadhani. (2023). Transformasi Pendidikan Digital 5.0 melalui Integrasi Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.328
Nento, F., & Manto, R. (2023). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. 11(01), 1–5. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Pondaag, M.-, Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., Lengkong, J. S. ., & Rawung, R. K. S. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemic Covid-19 Tantangan Atau Peluang? Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 160–171. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.10130
Soeratin, H., & Fanani, A. I. (2023). Digital Leadership di Era Multieduhealthtainment 5.0 : Transformasi Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah. 9(16), 312–318.
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Subtianah, S. (2023). Transformasi Pembelajaran Melalui Integrasi Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminalu, 1(1), 390–399.
Sukana. (2024). Transformasi Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) di Era Digital: Tantangan dan Peluang Tahun 2024. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3955–3965. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13000
Zaelani, Juanidi, M., & Muhsinin. (2023). Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Perkembangan Terkini dan Tantangan di Era Digital). Schemata: Jurnal Pascasarjana UIN Mataram, 12(1), 67–80. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata/article/view/7678