Perencanaan Karir Siswa SMAN 1 Kota Solok Menghadapi Industry 4.0 dan Society 5.0

Authors

  • Ahmad Fachri Universitas Adzkia
  • Hadigufri Triha Universitas Adzkia
  • Aldo Eko Syaputra Universitas Adzkia
  • Febri Andika Putra Universitas Adzkia
  • Ranti Mustika Putri Universitas Adzkia

Keywords:

Perencanaan Karir, Pendidikan, industry 4.0, society 5.0

Abstract

Pendidikan tingkat menengah, khususnya Sekolah Menengah Atas (SMA), memiliki peran yang sangat signifikan dalam membentuk masa depan siswa. Salah satu aspek penting yang tidak boleh diabaikan adalah perencanaan karir. Perencanaan karir merupakan proses strategis untuk membantu siswa memahami potensi dan minat mereka, sekaligus merumuskan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan karir yang diinginkan. Tahun 2024 merupakan era industry 4.0 dan society 5.0, dimana era ini menyimpan sejumlah tantangan dan peluang, termasuk bagi siswa yang mempersiapkan masa depannya. Pentingnya sosialisasi perencanaan karir bagi siswa SMA tercermin dalam beberapa faktor kunci yaitu membantu siswa untuk mengenal diri mereka sendiri secara lebih baik, memberikan akses informasi yang lebih baik tentang berbagai profesi dan industri, dan membantu siswa merumuskan rencana pendidikan yang sesuai dengan tujuan karir mereka. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengedukasi siswa SMAN 1 Kota Solok dalam merencanakan karir sejak bangku sekolah menghadapi tantangan dan peluang industry 4.0 dan society 5.0 dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa.

References

Abdullah, S. M. (2018). A Multiple Loops Career Crafting Model: Konstruksi Karier Di Era Boundaryless Workplace. Universitas Gajah Mada.

Ellitan, L. (2020). Competing in the Era of Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 1. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.657

Faruqi, U. Al. (2019). Future Service in Industry 5.0. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 67–79. https://doi.org/10.37396/jsc.v2i1.21

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. Japan SPOTLIGHT, 27(5), 47–50.

Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Martoyo, S. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFE.

Mathis, & Jackson. (2006). Human Resources Developmment (Track MBA Series Terjemahan). Prestasi Pustaka.

Sari, A. K., Yusuf, A. M., Iswari, M., & Afdal, A. (2021). Analisis Teori Karir Krumboltz: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1). https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.33429

Satya, V. E. (2018). Strategi Indonesia menghadapi industri 4.0. Info Singkat, 10(9).

Sirait, J. T. (2006). Memahami Aspek-Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. PT Grasindo.

Supriatna, D. (2009). Pengenalan Media Pembelajaran. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Luar Biasa.

Widiastuti, T., & Ritonga, R. (2020). Ethnomethodology Study of Digitalized Social Communication Apprehension in Basmala Youth Community Members. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.25008/jkiski.v5i1.362

Winkel, W. S., & Sri Hastuti, M. M. (2007). Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Media Abad.

Yusuf, A. M. (2002). Kiat Sukses Dalam Karir. Ghalia Indonesia.

Abdullah, S. M. (2018). A Multiple Loops Career Crafting Model: Konstruksi Karier Di Era Boundaryless Workplace. Universitas Gajah Mada.

Ellitan, L. (2020). Competing in the Era of Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 1. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.657

Faruqi, U. Al. (2019). Future Service in Industry 5.0. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 67–79. https://doi.org/10.37396/jsc.v2i1.21

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. Japan SPOTLIGHT, 27(5), 47–50.

Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Martoyo, S. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFE.

Mathis, & Jackson. (2006). Human Resources Developmment (Track MBA Series Terjemahan). Prestasi Pustaka.

Sari, A. K., Yusuf, A. M., Iswari, M., & Afdal, A. (2021). Analisis Teori Karir Krumboltz: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1). https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.33429

Satya, V. E. (2018). Strategi Indonesia menghadapi industri 4.0. Info Singkat, 10(9).

Sirait, J. T. (2006). Memahami Aspek-Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. PT Grasindo.

Supriatna, D. (2009). Pengenalan Media Pembelajaran. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Luar Biasa.

Widiastuti, T., & Ritonga, R. (2020). Ethnomethodology Study of Digitalized Social Communication Apprehension in Basmala Youth Community Members. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.25008/jkiski.v5i1.362

Winkel, W. S., & Sri Hastuti, M. M. (2007). Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Media Abad.

Yusuf, A. M. (2002). Kiat Sukses Dalam Karir. Ghalia Indonesia.

Published

2024-07-07

Issue

Section

Artikel