Mengintegrasikan Mitigasi Bencana Terhadap Siswa/i Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Atas pada Kegiatan Pesanten Ramadhan

Musholla Istigfar Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Authors

  • Barkhia Yunas Universitas Adzkia
  • Ramadhi Ramadhi Universitas Adzkia
  • Mutia Alius Universitas Adzkia

Keywords:

Kesiapsiagaan Bencana, Pendidikan Bencana, Pesantren Ramadhan, Mitigasi Bencana

Abstract

Studi ini menyoroti pentingnya kesadaran dan kesiapsiagaan bencana di lingkungan sekolah dan bagaimana integrasi pendidikan mitigasi bencana dalam Pesantren Ramadhan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Pendidikan bencana di sekolah melibatkan pengembangan rencana darurat, pelatihan, dan penguatan infrastruktur, serta keterlibatan komunitas. Implementasi mitigasi bencana dalam kegiatan Pesantren Ramadhan membantu siswa memahami prosedur keselamatan dengan cara yang relevan dan kontekstual. Hasil menunjukkan bahwa sosialisasi meningkatkan kesiapsiagaan siswa, dengan rekomendasi untuk pelatihan rutin, keterlibatan orang tua, penggunaan metode edukatif inovatif, dan kerjasama dengan instansi terkait. Evaluasi berkelanjutan diperlukan untuk memastikan efektivitas program.

References

Desfandi, M. (2014). Pengaruh Pendidikan Lingkungan Hidup terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 70-80

Mahdia, N., & Noviyanto, I. (2013). Peranan Pendidikan dalam Pengurangan Risiko Bencana di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(3), 367-380.

Priyowidodo, G., & Luik, A. P. (2013). Kesiapsiagaan Bencana dalam Perspektif Pengetahuan dan Budaya Masyarakat Lokal. Jurnal Mitigasi Bencana, 2(2), 45-56.

Suryanti, R., Susanti, I., & Hadi, S. (2010). Pendidikan Mitigasi Bencana sebagai Upaya Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah. Jurnal Pendidikan Geografi, 15(2), 33-47.

Setiawan, A., & Lestari, W. (2019). Strategi Efektif Sosialisasi Mitigasi Bencana di Sekolah. Jurnal Pendidikan, 5(2), 123-135.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Jakarta: Sekretariat Negara

Wardani, R., & Nugroho, A. (2020). Pelatihan Mitigasi Bencana untuk Guru dan Siswa di Sekolah. Jurnal Penanggulangan Bencana, 8(1), 45-58.

Yulianto, T., & Kurniawan, E. (2016). Pengaruh Simulasi Bencana Terhadap Kesiapan Siswa Menghadapi Bencana. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 76-89.

Published

2024-08-16

Issue

Section

Artikel