Pendampingan Pembuatan Bazar Usaha Dalam Mata Kuliah Kewirahusahaan Oleh Mahasiswa Universitas Adzkia Di Kota Padang

Authors

  • Muhammad Ilham Universitas Adzkia
  • Juwita Wirta Sri Depi Universitas Adzkia

Keywords:

Kewirausahaan, Bazar Usaha, Mahasiswa, Pendampingan

Abstract

Kewirausahaan merupakan komponen penting dalam pendidikan tinggi yang dapat meningkatkan keterampilan praktis mahasiswa. Artikel ini membahas kegiatan pendampingan pembuatan bazar usaha yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Adzkia di Kota Padang. Melalui kegiatan ini, mahasiswa belajar mengembangkan ide usaha, mempersiapkan produk, dan melaksanakan bazar sebagai bentuk praktik kewirausahaan. Penelitian ini menganalisis deskripsi kegiatan, kendala yang dihadapi, solusi yang diterapkan, serta dampak terhadap pengembangan keterampilan kewirausahaan mahasiswa. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa, meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan, seperti keterbatasan sumber daya dan manajemen waktu. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran yang efektif bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia kewirausahaan yang nyata.

References

Adi Susanto. (2002). Kewirausahaan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Budi, R. (2020). Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 45-67

Hidayati, N. (2019). Pengantar Kewirausahaan untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta. 30-50

Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2021). Entrepreneurship. McGraw-Hill Education.

Mardiana, A. (2020). Pengaruh kegiatan praktik kewirausahaan terhadap kemandirian mahasiswa. [Influence of entrepreneurial practice activities on student independence]. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(2), 123-135.

Prasetyo, A. (2021). Manajemen Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset. 75-90

Sari, D. (2022). Strategi Pemasaran untuk Usaha Mikro dan Kecil. Surabaya: Penerbit Erlangga. 100-120

Shane, S. A. (2003). A general theory of entrepreneurship: The individual-opportunity nexus. Strategic Entrepreneurship Journal, 1(1), 33-49.

Smith, J. (2021, 5 Maret). 5 Tips memulai bisnis startup yang sukses. Majalah Bisnis Indonesia, hlm. 25-28.

Suparman, A. (2022). Peran kewirausahaan sosial dalam mengatasi masalah sosial di Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 115-128.

Supriyanto, A. (2020). "Peran Bazar dalam Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa". Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(1), 15-30.

Tim Dosen FE UI. (2014). Kewirausahaan: Konsep, Teori, dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Timmons, J. A., & Spinelli, S. (2004). New venture creation: Entrepreneurship for the 21st century. McGraw-Hill.

Wibowo, S. (2018). Kewirausahaan Berbasis Komunitas. Jakarta: Salemba Empat. 110-130

Published

2024-08-16

Issue

Section

Artikel