Risalah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/risalahpengabdian <p><strong>Risalah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat</strong> adalah publikasi yang memfokuskan pada edukasi, pelatihan, penelitian, praktik, dan inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perkembangan masyarakat. Jurnal ini menyediakan platform bagi peneliti, praktisi, dan pemangku kepentingan lainnya untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan hasil kajian yang berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat yang berkelanjutan.</p> <p>Cakupan topik jurnal ini meliputi beragam bidang, seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, teknik, teknologi informasi, lingkungan, kebudayaan, serta aspek-aspek lain yang relevan dengan pengembangan masyarakat. Artikel-artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini mengusung pendekatan kolaboratif antara peneliti dan komunitas, dengan memperhatikan kebutuhan lokal dan mengedepankan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pengembangan dan implementasi program.</p> <p><strong>Risalah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat</strong> bertujuan untuk menjadi sarana komunikasi yang efektif antara akademisi, praktisi, serta pemangku kepentingan lainnya, guna memperkuat kerjasama dan pertukaran pengetahuan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan demikian, jurnal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan masyarakat yang inklusif, berkelanjutan, dan berdaya.</p> en-US hadigufri@adzkia.ac.id (Hadigufri Triha) aldo@adzkia.ac.id (Aldo Eko Syaputra) Fri, 14 Feb 2025 09:52:00 +0700 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Meningkatkan Kompetensi Digital Siswa SMA melalui Proyek Pembuatan Website https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/risalahpengabdian/article/view/340 <p><em>Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa SMA dalam pengembangan teknologi web melalui proyek berbasis kolaborasi. Proyek ini melibatkan siswa SMA 1 Lubuk Alung dalam seluruh proses pembuatan website, mulai dari tahap perencanaan hingga implementasi. Pendekatan praktis ini dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa, sehingga mereka dapat memahami penggunaan teknologi seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Proses pembelajaran melibatkan kombinasi pelatihan teori dan praktik yang terstruktur, di mana siswa bekerja dalam tim untuk menyelesaikan elemen-elemen website. Evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap teknologi web sebesar 50%. Selain itu, keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan. Artikel ini akan menjelaskan tahapan pelaksanaan proyek, hasil yang diperoleh, tantangan yang dihadapi, serta dampak kegiatan ini terhadap peningkatan literasi digital siswa SMA.</em></p> Zumardi Rahman, Yomei Hendra, Aldo Eko Syaputra, Yofhanda Septi Eirlangga, Fajar Maulana, Febri Andika Putra, Ali Hamsar, Putri Sakinah, Angga Putra Juledi Copyright (c) 2025 Risalah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/risalahpengabdian/article/view/340 Fri, 14 Feb 2025 00:00:00 +0700 Peningkatan Pengetahuan Siswa SMKN 1 Gunung Talang Terhadap Pilihan Program Studi Di Perguruan Tinggi https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/risalahpengabdian/article/view/338 <p><em>Choosing a college study program is an important decision for vocational school students. Lack of information often becomes an obstacle in the decision-making process. Therefore, this activity aims to increase the knowledge of SMKN 1 Gunung Talang students regarding various study program options so that they can determine the appropriate educational path. This topic was chosen because many vocational school students feel unsure about choosing a study program. With better understanding, students are expected to be able to make the right decisions according to the needs of industry and the world of work. The methods used include seminars, interactive discussions, and individual mentoring. Apart from that, a simulation of selecting study programs based on interests and talents is provided through questionnaires and simple psychological tests. This activity involves academics and experienced educational practitioners. The results of the activities show an increase in students' understanding of various study programs. Students are more confident in choosing a study program that suits their potential. Awareness of career opportunities also increases, helping students make more targeted and informed academic decisions.</em></p> Aldo Eko Syaputra; Hadigufri Triha, Febri Andika Putra Copyright (c) 2025 Risalah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/risalahpengabdian/article/view/338 Fri, 14 Feb 2025 00:00:00 +0700 Peningkatan Literasi Digital Siswa SMA melalui Workshop Pengenalan Teknologi Web https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/risalahpengabdian/article/view/337 <p><em>Kemajuan teknologi informasi yang pesat menuntut peningkatan literasi digital di kalangan generasi muda, terutama siswa SMA. Literasi digital menjadi keterampilan penting agar siswa dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang terus berubah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA tentang teknologi web melalui pendekatan workshop interaktif. Workshop ini mencakup pengenalan dasar HTML, CSS, serta pengembangan website sederhana yang dilakukan oleh siswa SMA 1 Lubuk Alung. Selama kegiatan, siswa diberikan materi teori serta praktik langsung dalam membangun halaman web sederhana. Evaluasi yang dilakukan melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman serta keterampilan siswa dalam teknologi web. Sebelum mengikuti workshop, sebagian besar siswa hanya memiliki pemahaman dasar tentang konsep pengembangan web, namun setelah pelaksanaan, terjadi peningkatan sebesar 45% dalam skor pemahaman mereka. Hasil ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis praktik efektif dalam meningkatkan literasi digital. Selain itu, kegiatan ini memberikan dampak positif bagi kesiapan siswa dalam menghadapi tantangan di era digital dan mendorong integrasi pembelajaran teknologi web dalam kurikulum sekolah.</em></p> Yomei Hendra, Putri Sakinah, Fajar Maulana, Yofhanda Septi Eirlangga, Aldo Eko Syaputra, Rindang Alam Nur Muhammad, Muhammad Ashim Madani, Muhammad Fajri, Aris Munandar Copyright (c) 2025 Risalah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/risalahpengabdian/article/view/337 Fri, 14 Feb 2025 00:00:00 +0700 Mewujudkan Keunggulan SDG dan Transformasi Digital UMKM 2030 melalui Literasi Digital dan Finansial https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/risalahpengabdian/article/view/344 <p><em>Program</em><em> pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan finansial pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dengan fokus pada Keluarga Laundry, sebuah usaha laundry di Kota Padang. Permasalahan yang dihadapi meliputi keterbatasan pengetahuan dalam penggunaan teknologi digital untuk operasional dan pemasaran, serta kurangnya pemahaman dalam pengelolaan keuangan yang baik. Untuk mengatasi permasalahan ini, program dirancang dengan metode pelatihan intensif dan pendampingan langsung. Pelatihan meliputi penggunaan aplikasi kasir yang membantu pencatatan keuangan otomatis, pemisahan keuangan pribadi dan bisnis, serta analisis laporan keuangan untuk meningkatkan efisiensi operasional. Selain itu, pelatihan pemasaran digital dilakukan untuk meningkatkan jangkauan pasar, melalui pembuatan konten kreatif dan strategi pengelolaan media sosial yang efektif. Dalam waktu pelaksanaan yang singkat, program ini berhasil memberikan dampak positif, seperti tercatatnya rata-rata 20-30 transaksi harian secara otomatis melalui aplikasi kasir, serta dihasilkannya konten promosi digital </em><em>untuk </em><em>meningkatkan engagement pelanggan</em><em>.</em></p> Ranti Mustika Putri, Hadigufri Triha, Alima Shofia, Mutia Alius, Trinda Farhan Satria Copyright (c) 2025 Risalah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/risalahpengabdian/article/view/344 Fri, 14 Feb 2025 00:00:00 +0700