PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA

Authors

  • Nofta Elva Suci Universitas Adzkia

Keywords:

flipped classroom, pemahaman konsep, fisika

Abstract

Model pembelajaran flipped classroom telah menjadi inovasi dalam pendidikan yang memanfaatkan teknologi untuk memfasilitasi belajar mandiri siswa dan memaksimalkan waktu tatap muka di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengulas literatur terkait efektivitas model flipped classroom terhadap pemahaman konsep fisika siswa tingkat SMA. Berdasarkan 30 artikel yang dianalisis, model flipped classroom terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika serta keterampilan berpikir tingkat tinggi, seperti berpikir kritis dan pemecahan masalah. Temuan menunjukkan bahwa flipped classroom memungkinkan siswa untuk memahami materi secara mandiri sebelum pembelajaran di kelas, sehingga waktu di kelas dapat difokuskan pada diskusi mendalam dan aktivitas kolaboratif. Model ini juga mendukung kemandirian dan motivasi belajar siswa, meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Namun, tantangan yang dihadapi dalam penerapan metode ini mencakup kebutuhan teknologi yang memadai dan variasi kesiapan siswa untuk belajar secara mandiri. Selain itu, penelitian mengindikasikan bahwa flipped classroom lebih unggul dibandingkan model pembelajaran konvensional, terutama dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika.

Downloads

Published

2025-08-20

Issue

Section

##section.default.title##