PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Keywords:
hasil belajar, literature review,flipbook, e-modul.Abstract
Penggunaan teknologi dalam pendidikan terus berkembang, salah satunya melalui media pembelajaran berbasis digital seperti modul. Modul merupakan salah satu bahan ajar untuk pembelajaran mandiri yang memungkinkan siswa belajar secara sistematis tanpa bergantung pada orang lain. Salah satu jenis modul pembelajaran yaitu E-modulĀ berbasis flipbook. E-modul flipbook memiliki kelebihan dalam penyajian materi secara interaktif dan dinamis, sehingga menarik perhatian dan meningkatkan minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-Modul berbasis flipbook dalam proses pembelajaran khususnya pada hasil belajar peserta didik, dan terbukti dari beberapa penelitian terdahulu bahwa terdapat pengaruh E-Modul berbasis flipbook terhadap hasil belajar siswa di berbagai jenjang pendidikan. Penelitian ini menggunakan literature review dari penelitian-penelitian terdahulu dalam google scholar, Publish or Perish, serta Jurnal Internasional dari tahun 2019-2024. Dari 30 jurnal yang telah dianalisis ditemukan penggunaan e-modul berbantuan flipbook tertinggi pada hasil belajar peserta didik sebanyak 40%, layak digunakan sebanyak 24%, valid dan praktis sebanyak 20%, keterampilan berpikir ktitis sebanyak 7%, keterampilan metakognisi sebanyak 3%, , meningkatkan aktivitas belajar sebanyak 3%, meningkatkan pemahaman sebanyak 3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul berbantuan flipbook dapat meningkatkan hasil belajar, valid dan layak digunakan untuk media dalam pembelajaran.
The use of technology in education continues to evolve, one of which is through digital learning media such as modules. A module is one of the teaching materials for independent learning that allows students to study systematically without relying on others. One type of learning module is the flipbook-based e-module. The flipbook e-module has the advantage of presenting material in an interactive and dynamic way, which captures students' attention and increases their interest in learning. The aim of this study is to determine the effect of flipbook-based e-modules on the learning outcomes of students. Previous research has shown that there is an influence of flipbook-based e-modules on student learning outcomes at various educational levels. This study uses a literature review of previous research from Google Scholar, Publish or Perish, and international journals from 2019 to 2024. From 30 journals that were analyzed, the highest use of flipbook-assisted e-modules in improving student learning outcomes was found to be 40%, with 24% classified as feasible, 20% valid and practical, 7% critical thinking skills, 3% metacognitive skills, 3% increased learning activity, and 3% improved understanding. It can be concluded that the use of flipbook-assisted e-modules can enhance learning outcomes, and is valid and feasible to be used as a learning media.


