KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK KELAS 1 UPT SD N 03 SALIMPAUNG

Authors

  • Rafki Nasuha Ismail Universitas Negeri Padang
  • Mailiarni UPT SD N 03 Salimpaung
  • Winda Nur Mentari SMA N 2 BATUSANGKAR
  • Ernalinda
  • Jamhur SD N 01 BENTENG PASAR ATAS

Keywords:

Literasi Matematis, , Pembelajaran Kontekstual, Strategi Pembelajaran, Siswa Kelas 1, SD N 03 Salimpaung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa kelas 1 di UPT SD N 03 Salimpaung serta mengidentifikasi strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkannya. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa masih berada pada tahap dasar, terutama dalam menerapkan konsep matematika dalam konteks nyata. Tantangan utama yang dihadapi siswa meliputi keterbatasan pemahaman konsep dan minimnya pengalaman dalam pemecahan masalah kontekstual.Strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan literasi matematis mencakup penggunaan metode pembelajaran kontekstual, pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), serta penerapan media konkret dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, pendekatan kolaboratif dan penggunaan media pembelajaran interaktif juga terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Penelitian ini merekomendasikan agar guru menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, kreatif, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa sekolah dasar sejak dini.

Downloads

Published

2025-08-20

Issue

Section

##section.default.title##