EFEKTIFITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN JEMBATAN HIDROLIK PADA MATERI FLUIDA STATIS
Keywords:
media pembelajaran, jembatan hidrolik, fluidaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan media pembelajaran berupa jembatan hidrolik dalam model Project-Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi fluida statis. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun dibatasi pada tahap develop. Hasil validasi menunjukkan bahwa media jembatan hidrolik sangat layak digunakan, dan hasil angket kepraktisan yang diberikan kepada siswa menunjukkan persentase rata-rata sebesar 86,02% dengan kategori "Sangat Praktis". Media ini mampu menjembatani konsep tekanan dalam fluida dan hukum Pascal dengan pembelajaran yang konkret dan menyenangkan. Siswa menunjukkan antusiasme tinggi, keterlibatan aktif, serta peningkatan pemahaman melalui pengalaman belajar langsung dan kolaboratif.


