PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 6 PADANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa akibat keterbatasannya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian pengembangan multimedia interaktif menggunakan aplikasi Articulate Storyline sebagai media pembelajaran fisika kelas X SMAN 6 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia interaktif yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket validitas, angket praktikalitas, dan soal efektifitas. Subjek penelitian adalah satu orang guru dan 36 siswa kelas X di SMAN 6 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 87,47%, sangat praktis dengan persentase 95,98%, dan efektif dengan nilai N-Gain sebesar 0,76 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif menggunakan aplikasi Articulate Storyline layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 6 Padang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.


