MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE DI KELAS V MIM KEDUNGWULUH LOR
Kata Kunci:
Prestasi Belajar matematika, model pembelajaran van hieleAbstrak
Penelitian ini adalah tentang meningkatkan keingintahuan siswa dan hasil belajar matematika mereka dalam sifat-sifat bangun ruang melalui model pembelajaran van hiele untuk kelas V MIM Kedungwuluh Lor dilakukan pada bulan Mei sampai Juli 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar matematika mereka terutama untuk hasil materi sifat-sifat bangun ruang untuk siswa kelas V MIM Kedungwuluh Lor kabupaten Banyumas. Metode penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, penelitian tindakan kelas dengan perencanaan, observasi, refleksi untuk setiap siklus. Hasil siklus pertama menunjukkan prestasi siswa 67,33 dengan ketuntasan belajar siswa 93%. Oleh karena itu dapat disimpulkan jika model pembelajaran van hiele dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V MIM Kedungwuluh Lor dengan diskusi utama tentang identifikasi karakter tokoh tiga dimensi.