ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATERI BANGUN DATAR PADA LUAS LAYANG-LAYANNG DAN TRAPESIUM PADA SISWA KELAS V SDN 33 KALUMBUK KOTA PADANG

Penulis

  • Zutri Parwines Universitas Adzkia
  • Maifit Hendriani Universitas Adzkia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tentang bangun datar pada luas trapesiaum dan layang-layang. Jenis penelitaian ini adalah penelitian  deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes uraian tertulis pada materi bangun datar layang-layang dan trapesium. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN 33 Kalumbuk kota Padang. Instrument penelitian berupa lembar tes yang berisi soal tentang bangun datar layang-layang dan trapesium dan pedoman wawancara. Data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh permasalahan pada kurangnya pemahaman siswa mengenai penjumlahan, perkalian, dan pembagian. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pengembangan permasalahan siswa, khususnya pada mareri luas trapesium dan layang-layang di masa yang akan datang.

Referensi

[1] NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United State of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
[2] Rahayu, S. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Kesebangunan. Jurnal e-DuMath, 2(1): 1-9
[3] Utomo, D.P., dan Arijanny, I.2009. Matematika untuk kelas V SD/MI. Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
[4] Monsen, E. R., dan Horn, L. V. 2008. Research Successful Approaches (Third Edition). USA: American Dietetic Association.
[5] Putra, MA., Jaeng, M.,& Sukayasa. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Al-Azhar Mandiri Palu dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar.Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulak.
[6] Atiqoh, K. (2019).Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1(1), hlm.63-73
[7] Fitria, NT. (2012). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesikan Soal Cerita Berbahasa Ingrris Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.Jurnal Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
[8] Manibuy, R., Mardiyana., dan Saputro, D. R. S. 2014. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9).

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-08