STUDI LITERATUR PENGARUH PENDEKATAN RME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Kata Kunci:
Kata kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan pendekatan RME. dan mendeskripsikan penerapan pendekatan RME yang mendukung hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan metode studi pustaka atau studi literatur. Sumber data pada penelitin ini yaitu 10 artikel ilmiah yang telah diakses dari beberapa situs yaitu artikel ilmiah tentang pengaruh pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil kajian beberapa literatur dengan beberapa artikel ilmiah yang telah diakses maka penulis memperoleh kesimpulan bahwa pendekatan RME memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Realistic Mathematic Education (RME) ini bisa menjadi pertimbangan oleh guru untuk membangkitkan kembali semangat belajar peserta didik sehingga kompetensi belajarnya juga akan meningkat terutama di zaman seperti sekarang ini.
Referensi
Ananda, Rizki. Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2, No. 1, Mei 2018, Pp. 125-133
Asrina Mulyati. Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD IT Adzkia I Padang. Jurnal Didaktik Matematika
Catrining, Luh &I Wayan Widana. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika. Jurusan/Prodi Pendidikan Matematika. Volume VII No.2 September 2018
Erni Hastuti & Ahmad Fauzan. Penerapan Local Instructional Theory Menggunakan Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 2 Tahun 2019 Halaman 271-276
Hasan, dkk. 2020. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION Jambura J. Math. Edu. Vol. 1, No. 1, pp. 13-20, Maret 2020.
Maisaroh, Siti. 2019. Efektivitas Pendekatan RME e (Realistics Mathematics Education) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Berbantu LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPN Winong Tahun Pelajaran 2017/2018 , Skripsi Online
Puspitasari, Ripka Yuspin & Gamaliel Septian Airlanda. Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021 Halaman 1094 – 1103
Ramadhani, Dina. Pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MIN 7 Medan Denai T.A 2018/2019. Skripsi.
Renaldi, Dio & Cinthya Bella. Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Dalam Pembelajaran Bilangan Pecahan. Duniailmu.Org Volume 2 (1), 2022
Rokhmah, Faizatur, dkk. 2018. Pengaruh Pendekatan RME Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. FKIP Universitas Negeri Padang, Jl. Prof. Dr. Hamka Padang
Sa’diyah, Unun Julaeni Maemunah. Pengaruh Penggunaan Media Kongkret Dengan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Di SDIT Kaifa Bogor. Jpd: Jurnal Pendidikan Dasar
Salma, Dkk. Penerapan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sains Dan Teknologi. Vol. 3, No. 2, November 2020, Hal. 17-26
Susanti, Sri & Maya Nurfitriyanti. Pengaruh Model Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol.3, No. 2 (2018)
Yudha, Rahmad Putra. 2018. Berprestasi dan Disiplin Peserta Dididk Serta Hubungan Dengan Hasil Belajar. Yudha English Gallery: Kalimantan Barat