PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD

Authors

  • Lathifah Nurul Azizah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • M. Taufik
  • Zerri Rahman Hakim

Keywords:

Model Project Based Learning, Model Pembelajarn Konvensional, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) adalah model pembelajaran yang menerapkan proyek berbagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pendalaman pembelajaran terletak pada kegiatan siswa - siswi untuk menyelesaikan masalah dengan pendalaman keterampilan menyimak, menelaah, membuat sampai menyajikan hasil pembelajaran berdasarkan pengalaman yang nyata. Strategi ini memperkanankan peserta didik hendak berkerja secara sendiri maupun kelompok dalam mengkonstruksikan hasil autentik yang bersumber dari masalah yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, riset ini bermaksud untuk mengetahui selisih kecakapan berpikir kritis antara murid yang menerima model project based learning oleh siswa yang menerima model pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPS SD. Metode penelitian menggunakan metode kuasi ekperimen. Sampel dalam riset ini adalah siswa kelas IV B dan IV C SDN 13 Kota Serang  tahun ajaran 2018/2019 yang masing-masing berjumlah 35 dan 35 siswa-siswi kelas IV B sebagai kelompok kontrol dan IV C sebagai kelompok ekperimen. Teknik pengambilan sampel dalam riset ini menggunakan purposive sampling. Instrument riset yang dipakai adalah pertanyaan uraian untuk pretes dan posttes. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbandingan dua rata-rata didapatkan bahwa, thitung  sebesar 5,43 dan ttabel  1,995. Mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis hasil perbandingan 1,995 < 5,43 > 1,995 (-ttabel< thitung >ttabel), maka Hditolak dan Ha. hal tersebut memperlihatkan bahwa ada perbedaan kecakapan berpikir kritis siswa yang mendapatkan model project based learning (PJBL) dengan peserta didik yang mendapatkan model pembelajarn konvenssional Pada pembelajaran IPS. Hasil uji hipotesis pihak kanan postes menunjukkan bahwa, thitung  sebesar 5,43 ttabel     1,672. Mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis hasil perbanding 1,672 < 5,43 > 1,672 (-ttabel< thitung >ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa kecakapan berpikir kritis siswa-siswi yang menerima model project based learning (PJBL) lebih tinggi daripada peserta yang menerima model pembelajaran konvensional pada materi IPS.

Additional Files

Published

2020-05-23