PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SDN 33 KALUMBUK KOTA PADANG

Authors

  • Harly STKIP Adzkia
  • Hendrizal

Keywords:

Aktivitas belajar siswa, teams games tournament

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa hal ini dapat dilihat bahwa masih kurangnya siswa dalam mengemukakan pendapat, Siswa tidak fokus dalam mendengarkan penyajian materi yang disampaikan guru. Siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran, karena model yang digunakan guru hanya monoton sehingga siswa tidak merasa senang saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas V SDN 33 Kalumbuk Kota Padang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 33 Kalumbuk Kota Padang. Penelitian ini terdiri dari II siklus, siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II diadakan I kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi dan dokumentasi. Adapun instrumen penelitiannya, yaitu lembar observasi dan dokumen berupa pengambilan foto.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan siklus I memperoleh  63,5%, dan siklus II memperoleh 78%. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan siklus I pada aspek guru memperoleh 63,5%, pada aspek siswa memperoleh 65%, siklus II pada aspek guru memperoleh 78%, pada aspek siswa 78%. Serta aktivitas belajar siswa siklus I pada aspek listening memperoleh 68%, siklus II memperoleh 77%, Dari aspek oral siklus I memperoleh 69%, siklus II memperoleh 76%, dan pada aspek emotional siklus  I  memperoleh 69%, siklus II memperoleh 78%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 33 Kalumbuk Kota Padang.

Additional Files

Published

2020-05-23