PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SD NEGERI 05 PAUH KABUPATEN TAHUN 2020
Kata Kunci:
Model Circuit Learning, Hasil Belajar , Tematik TerpaduAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV SD Negeri 05 Pauh Kabupaten Pasaman. Kegiatan proses pembelajaran terlihat sebagian peserta didik belum mampu mengembangkan pengetahuan baru secara aktif, Peserta didik kurang mampu dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan dari pendidik dalam proses pembelajaran, dan peserta didik belum memahami konsep-konsep materi yang disampaikan saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Circuit Learning terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 05 Pauh Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksprimental Design, rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Posttest Only Control Design yang artinya adanya kelas ekprimen dan kelas kontrol, kelas eksprimen diberi perlakukan dengan menggunakan model Circuit Learning dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran saintifik, di akhir penelitian sama-sama diberi Posttes dengan 20 butir soal dari 40 butir soal yang telah diujicobakan sebelumnya . Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di kelas IV SD Negeri 05 Pauh Kabupaten Pasaman dan sampelnya kelas IVA ( Eksprimen) dan kelas IV B (Kontrol) . Data yang diperoleh diolah menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini, terlihat bahwa dan = 1,68595 dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian >(.> 1,68595) maka hipotesis atau H1 diterima. Dari hasil penelitian terbukti bahwa model Circuit Learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pengetahuan IPA dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 05 Pauh Kabupaten Pasaman tahun ajaran 2019/2020.