PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SD NEGERI 05 PAUH KABUPATEN TAHUN 2020

Authors

  • Adwisa Suci Harjufa STKIP Adzkia
  • Sry Apfani
  • Zaturrahmi

Keywords:

Model Circuit Learning, Hasil Belajar , Tematik Terpadu

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA dalam pembelajaran tematik terpadu  kelas IV SD Negeri 05 Pauh Kabupaten Pasaman. Kegiatan proses pembelajaran terlihat sebagian peserta didik  belum mampu mengembangkan pengetahuan baru secara aktif, Peserta didik kurang mampu dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan dari pendidik dalam proses pembelajaran, dan peserta didik  belum memahami konsep-konsep materi yang disampaikan saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Circuit  Learning terhadap hasil belajar  pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 05 Pauh  Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksprimental Design, rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Posttest Only Control Design  yang artinya adanya kelas ekprimen dan kelas kontrol, kelas eksprimen diberi perlakukan dengan menggunakan model Circuit Learning dan kelas kontrol  menggunakan pembelajaran saintifik, di akhir penelitian sama-sama diberi Posttes dengan 20 butir soal dari 40 butir soal yang telah diujicobakan sebelumnya .  Populasi dari  penelitian ini  yaitu seluruh peserta didik di kelas IV SD Negeri 05 Pauh Kabupaten Pasaman dan sampelnya kelas IVA ( Eksprimen) dan kelas IV B (Kontrol) . Data yang diperoleh diolah menggunakan  uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini, terlihat bahwa  dan  = 1,68595 dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian  >(.> 1,68595) maka hipotesis atau H1 diterima. Dari hasil penelitian terbukti bahwa model Circuit Learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pengetahuan IPA dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 05 Pauh Kabupaten Pasaman tahun ajaran 2019/2020.

Additional Files

Published

2020-05-23