PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KARAKTER PADA TEMA 2 SUB TEMA 1 DI KELAS I SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Riri Marfilinda Universitas Adzkia
  • Zakiya Auliya Nurhasanah

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v5i1.190

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidik hanya menyediakan buku siswa yang diberikan pemerintah, pendidik masih fokus menggunakan buku tema serta LKS yang menjadi pegangan peserta didik dan belum tersedia modul yang berbasis karakter. Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran tematik berbasis karakter yang valid, praktis serta efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis(Analyze),desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementasion) dan evaluasi(evaluation). Hasil pengembangan ini berupa modul pembelajaran tematik terpadu berbasis karakter yang di uji dengan tiga validator ahli. Hasil dari validasi materi didapatkan angka sebesar 90,75% dengan kriteria Sangat Valid. Hasil uji validator ahli desain didapatkan 95,38% dengan kriteria Sangat Valid. Hasil uji validator ahli bahasa didapatkan 71,42% dengan kriteria Valid. Pada uji praktikalitas oleh pendidik didapatkan 87% dengan kriteria Sangat Praktis. Uji praktikalitas oleh peserta didik didapatkan 84,6% dengan kriteria Sangat Praktis. Uji efektivitas oleh pendidik mendapatkan nilai rata-rata 87,5% dengan kriteria penilaian Sangat Efektif. Uji efektifitas oleh peserta didik mendapatkan nilai 83,8% dengan kategori Sangat Efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Karakter Pada Tema 2 Sub Tema 1 di Kelas I Sekolah Dasar yang peneliti kembangkan sudah valid, praktis, dan efektif.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Arum Tia Sekar, Wahyudi. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 SD. Jurnal Scholaria.Vol.6, No 3. Hal 239-250.

Dalmeri. 2014. Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona Dalam Educating for Character) . Vol 14 No 1. Hal 269-288.

Fauzi Fery, Irma Anindiati. 2020. E-Learning Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Imran Ali,dkk. 2021. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle 5E di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 5 No 1. Hal 343-349.

Kibtia Ismiatul, dkk. 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas 4 Berbasis Pendidikan Karakter Bernuansa Kontekstual. Jurnal Kependidikan Dasar. Vol. 7 No.2, Hal.105-118.

Krismadinata, dkk.2021. Pengembangan Training Kit Pada Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Kendali Elektonik.Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.Vol. 18, No. 1.

Kurniawan Citra, Dedi Kuswandi. 2021. Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21.Sekaran: ACADEMIA PUBLICATION.

Marlini, Cut Dkk. 2019. Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tunas Bangsa Vol.6, No.2, Agustus 2019.

Maryono, dkk. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Mndiri Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1):37.

Nana. 2020. Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah : Lakeisha.

Nasrul, Silviana. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.Vol. 2, No 1. Hal 81-92.

Nurdyansyah, Nahdliyah Mutala’liah. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sidoarjo: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah.

Panggabean Nurul Huda, Amir Danis. 2020. Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Riwanti Rency, Abna Hidyati. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Temati Berbasis Pendidikan Karakter Dikelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol.3 No. 2 Halaman 572-581.

Rosmiati Imas, Ratumanan . 2019. Perencanaan Pembelajaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sahida, Desriani. 2020. Praktikalitas Handout Berbentuk Komik Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Edu Research Indonesia Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS). Vol 1, No 2.

Sari Taula Rona,dkk. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Kontruktivisme Untuk Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran Biologi. Vol 8,No 2. Hal 89-93.

Sasmita Amara, Khusnul Fajriyah. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Quantum Learning Tema Ekosistem Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol 8 No 2.

Widiyahti, Nur Umi Dkk. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berkarakter Melalui Permainan Edukatif Matcindo Sebagai Learning Exercise Bagi Siswa. [Online] Diakses 4 November 2021. 20:58 WIB.

Wijayama, Bayu. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Bervisi SETS Dengan Pendekatan Savi. Semarang: Qahar Publisher.

Windarti. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Logika Yang Memuat Pendidikan Karakter Untuk siswa Kelas X Smk. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 10, No 1 Hal 106-116.

Winna, dkk.2020. Modul Eloktronik Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya.Jakarta : Yayasan Kita Menulis.

Yanti, dkk. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terintegrasi Dengan Ayat-ayat Al-qur’an. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.Vol 5,

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-15