PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS MODEL KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SD

Penulis

  • Ade Irma Suryani Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v5i1.193

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi pada permasalahan media yang digunakan pendidik sebagai media mengajar lebih cenderung menggunakan gambar yang ada di buku tema, pendidik kurang menggunakan fasilitas yang ada di sekolah seperti infokus sebagai alat dalam menggunakan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media audio visual berbasis model kontekstual pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri atas tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebarluasan (dissemination. Instrumen praktikalitas yaitu berupa angket pendidik dan peserta didik. Berdasarkan hasil di lapangan, peneliti mendapatkan hasil validasi secara keseluruhan dengan rata-rata 84,53% dengan kategori sangat valid, praktikalitas dari pendidik mendapat nilai rata-rata 91,99% dengan kategori sangat praktis dan praktikalitas dari peserta didik mendapat nilai rata-rata sebesar 94,50% dengan kategori sangat praktis.

Kata Kunci: Media Audio Visual Berbasis Model Kontekstual, Validitas dan Praktikalitas

Referensi

DAFTAR RUJUKAN

Burhan, Asrul, dkk. 2021. Bahan Ajar Pelatihan Sederhana (untuk Media Pembelajaran Berbasis Labseries). Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani

Duludu, Ummyssalam. 2017. Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: Deepublish

Faisal. 2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Diandra Creative

Hasan, Muhammad, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran. Jawa Tengah: Tahta Media Group.

Hamid, Mustofa Abi, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis

Huda, Asrul, dkk. 2020. Media Animasi Digital Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Padang: UNP Press

Ihsan, Haji Fuad. 2010. Dasar-dasar Kependidikan : Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta

Krismadinata, Anwar, dan Junaidi Akbar. 2021. Pengembangan Training KIT Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Kendali Elektronik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 18 No. 1. Di akses tanggal 27 September 2021

Krissandi, Apri Damai Sagita, Widharyanto, dan Rishe Purnama Dewi. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Jakarta: Penerbit Media Maxima

Lestari, Arum Tri, Mudzanatun, dan Aries Tika Damayani. 2017. Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 7 No. 3. Di akses tanggal 17 Desember 2021

Marlina, Elly, Suid, dan Intan Safiah. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Hebatnya Cita-citaku di Kelas IV SD Negeri 33 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar KIP Unsyiah. Vol.03 No.01. Di akses tanggal 14 Juni 2021

Malawi, Ibadullah dan Ani Kadarwati. 2017. Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Jawa Timur : Media Grafika

Mulyatiningsih, Endang. 2019. Metode Penelitian Terapan Bidang Penelitian. Bandung: ALFABETA

Octavia, Shilphy A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Pratiwi, Wahyu Dewi. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan SDN 2 Dragan, Boyolali. Journal of Education, Psychology and Counseling. Vol. 2 No. 2. Di akses tanggal 27 September 2021

Priansa, Donni Juni. 2019. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia

Riyanto, Nokman. 2018. 7 Karya 1 Buku. Banjarnegara: Pelita Gemilang Sejahtera (PGS)

Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok : Rajawali Pers

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers

Suryadi, Ahmad. 2020. Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid 2. Jawa Barat : Jejak

Susilo, Sigit Vebrianto. 2020. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol.6 No.2. Di akses tanggal 31 Juli 2021

Saefuddin, Asis dan Ika Berdiati.2016. Pembelajaran Efektif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Wibawanto, Wandah. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jawa Timur: Cerdas Ulet Kreatif

Wibowo, Hari. 2012. Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Puri Cipta Media

Yuanta, Friendha. 2017. Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. Vol 2. No 2. Di akses tanggal 28 April 2021

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-15