PENGARUH MODEL TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 10 SURAU GADANG KOTA PADANG

Authors

  • Shella Marcelina Universitas Adzkia
  • Laila Aidina

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v5i1.202

Abstract

  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses belajar siswa yang masih rendah dengan masalah yaitu: proses pembelajaran masih berpsat pada guru atau teacher center,  guru juga kurang memaksimalkan siswa yang pandai dalam pembelajaran sebagai tutor dalam sebayanya, serta interaksi siswa dengan siswa dalam proses pembelajaran masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  Pengaruh Model  Tutor  Sebaya Terhadap  Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 10 Surau Gadang Kota Padang. Jenis penelitian yaitu Quasi Eksperimental Design, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design.  Populasi  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I V SDN  10 Surau Gadang dengan sampel 39 siswa.  Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 10 butir soal, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. instrument dalam penelitian ini terdiri dari, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), kisi-kisi soal, soal tes, kunci jawaban tes. Berdasarkan analisis data maka diperoleh  hasil uji hipotesis dengan uji-t dan menunjukkan  thitung= 4,557  dan ttabel=  2,026. Jadi dapat disimpulkan “Terdapat Pengaruh Model  Tutor Sebaya Terhadap  Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 10 Surau Gadang Kota

References

Abdullah, Marlina. 2018. Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Tematik Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas II SDN 4 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Vol 04, No 02.

Alarizi, Muhammad Fauzan dan Arwin. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Kelas IV. Vol.4 No.1

Alwan, dkk. 2017. Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Vol 2, No 1.

Ammah, Erisy Syawiril dan Sudarsi Lestari. Analisis Sikap Sosial Dengan Model Inkuiri Terbimbing. Penerbit : Gema Syair Press..

Rismawati dan Murhami. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pada Materi Statistika.

Rochayati, Umi dan Masduki Zakaria. 2010. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Teknik Digital Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Vol 19, No 1.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Tanujaya, Chesley. 2017. PERFORMA : Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol.2 No.1.

Thayeb, Thamrin. 2017. Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran

Vol.4 No.2.

Utama, Lalu Juntra, dkk. 2021. Dasar-Dasar Penanganan Gizi Anak Sekolah. Bandung : CV. Media Sains Indonesia.

Wahyuni, Hermin Tri, dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas I SD. Vol 1, No 2.

Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.

Published

2023-02-02