Analisis Keterampilan Membaca Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Eja Berdasarkan Jurnal Cendekia Pada Pembelajaran Tematik Kelas II SDN 07 Sikabu
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v5i1.203Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya keterampilan membaca peserta didik dalam pembelajaran tematik dan untuk memudahkan peserta didik dalam membaca pendidik harus bisa memilih metode yang tepat untuk meningkatkan keterampilan membaca peserta didik. Metode Eja merupakan salah satu metode pembelajaran yang menekankan pada pengenalan huruf demi huruf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji keterampilan membaca peserta didik dengan menggunakan metode eja khususnya dalam jurnal 5 Tahun terakhir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. penulis mengumpulkan lebih dari 10 referensi terkait sejarah, keterampilan membaca dengan menggunakan metode eja. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini didapatkan pada jurnal-jurnal yang terbit pada 5 tahun terakhir. Metode eja memiliki pengaruh signifikan terhadap pencapaian kompetensi kognitif dan keterampilan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil ulasan dari jurnal-jurnal tersebut bahwa metode eja dapat dikategorikan sangat cocok diterapkan pada pembelajaran di Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan metode eja pada pembelajaran di Sekolah Dasar dinyatakan sangat baik.
Referensi
Nazir, Muhammad. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Nursapia. 2014. Penelitian Kepustakaan. (Online) Vol. 8, No. 1, (http://dx.doi.org/10.30829.iqra.v8i1.65, diakses Juni 2021)
Sari, Milya dan Asmendri. 2020. Penelitian kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. (Online) Vol. 6, No. 1 (http://ejournal.uinib.ac.id, diakses 29 Agustus 2021)
Taufina. 2016. Mozaik Keterampilan Berbahasa DI Sekolah Dasar. Bandung : Angkasa.
Zed, Mestika. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.