PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KARAKTER PADA TEMA 2 SUBTEMA 2 DI KELAS I SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.205Keywords:
LKPD, CIRC, Tematik TerpaduAbstract
This study was motivated by several issues: the LKPD content did not meet learning objectives, it did not use any instructional model, and the illustrations lacked color, reducing students’ interest. The aim of this research is to develop and validate an LKPD based on the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model. This is a research and development (R&D) study using the 4-D model, which includes define, design, develop, and disseminate stages. Due to the Covid-19 pandemic, the study was limited to small-scale dissemination. Validation results from three experts indicated a very high level of validity: design scored 3.71, language 3.16, and content 3.81 (all categorized as very valid). Practicality tests showed scores of 93.7% from teachers and 91.6% from students (very practical). Effectiveness scores were 95.31% for PB 1 and 95.75% for PB 2 (very effective). Therefore, the CIRC-based LKPD is highly valid, practical, and effective for use in fourth-grade integrated thematic learning
References
Ango, Benedikta. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Berdasarkan Standar Isi Untuk Kelas X Semester Gasal. Dalam Skripsi. Sarjana Pendidikann Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.
Apfani, Sry. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berorientasi Kooperatif Tipe CIRC di Kelas IV Sekolah Dasar. [ONLINE] Tersedia.
Anggraini, Rika. 2019 Pengembangan LKPD Materi Suhu dan Perubahannya dengan Pendekatan Scientific Berfokus pada Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Dalam Skripsi. SarjanaPendidikan. Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan. Universitas Lampung.
Darmodjo, Hendra dan Jenny R. E. Kaligis. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud, Dirjend Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Edwar, Rahmi. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Dalam Skripsi. Pasca Sarjana,Universitas Padang.
Faisal. 2014. Sukses mengawal kurikulum 2013 di SD. Yogyakarta :Diandra
Fajri, K., & Taufiqurrahman, T. (2017). Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Model 4D dalam Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 1-15.
Hotimah, H., Sunardi, & Suharto. 2014. Pengembangan PerangkatPembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Kadikma, Vol. 5, No. 2, Hal 121- 130, Agustus 2014.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Irawan, Edi, dkk. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Depublish
Ismira. 2018. “Pengembangan Produk Strategi Bimbingan Karir Berbasis Merantau Etnik Minangkabau “. Forum Peneliti, (3) 128.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyatiningsih, Endang. 2019. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan Bandung: Alfabeta.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif . Yogyakarta : Diva Press.
Permatasari, Bella. 2018. Pengembangan LKPD Berbasis POE Untuk Pembelajaran Fisika Materi Momentum Dan Implus SMA. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Rianti Hest. 2017.”Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Berbantuan Metode Garis Pada Soal Cerita Matematika”.Lampung : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN).
Rohmah, Aulia, dkk. 2020. Pengrmbangan LKPD Tematik Berbasis Pendekatan Scientific Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Peserta Didik Kelas IV Sekolah dasar. Vol.8, No.3, Hal 559-568.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta: Kencana.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Jogjakarta: Ar-ruzzmedia
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Syarif, Andi Fajrin.2017 Pengembangan LKPD Berbasis Model Kooperatif TPS (Think-Pair-Share) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Matriks Klas XI MAN 1 Makassar : UIN Alauddin Makassar.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Surabaya: Cerdas Pustaka
............2011.Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi AnakUsiaDini TK/RA&AnakUsia Kelas Awal SD/MI.Kencana. Jakarta.
Wulansari. Dewi. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Problem Based Learning Tema Lingkungan Sahabat Kita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Dalam Tesis. Pasca Sarjana Magister Keguruan Guru SD. Universitas Lampung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Silfi Melindawati, Nalpi Rahma Yirlanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.