PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • silfi melindawati universitas adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.205

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu materi yang ada pada LKPD belum mencapai tujuan pembelajaran, LKPD yang ada di sekolah belum menggunakan model pembelajaran, Gambar tidak mempunyai warna sehingga minat untuk belajar peserta didik kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidkan LKPD berbasis model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Jenis penelitian ini adalah penelitian  pengembangan (research and development. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebarluasan (dissemination). Penelitian ini dibatasi sampai pada tahap penyebarluasan dengan skala terbatas karena kondisi pandemi Covid 19. Hasil LKPD berbasis model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan tiga orang validator dinyatakan sangat valid.. Dengan tingkat kevalidan yang diperoleh hasil uji validator desain diperoleh 3,71% termasuk kriteria sangat valid. Hasil uji validator bahasa didapatkan 3,16% termasuk kriteria  sangat valid. Hasil uji validator materi didapatkan 3,81% termasuk kriteria sangat valid. Pada uji coba praktikalitas pendidik didapatkan 93,7% sangat praktis, dan uji coba praktikalitas  peserta didik didapatkan 91,6% sangat praktis, Hasil uji coba efektivitas pb 1 95,31% dan uji coba efektivitas pb 2 95,75% sangat efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembnagan LKPD berbasis Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada pembelajaran tematik terpadu dikelas IV sekolah dasar sangat valid digunakan peserta didik.

References

Ango, Benedikta. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Berdasarkan Standar Isi Untuk Kelas X Semester Gasal. Dalam Skripsi. Sarjana Pendidikann Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Apfani, Sry. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berorientasi Kooperatif Tipe CIRC di Kelas IV Sekolah Dasar. [ONLINE] Tersedia.

Anggraini, Rika. 2019 Pengembangan LKPD Materi Suhu dan Perubahannya dengan Pendekatan Scientific Berfokus pada Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Dalam Skripsi. SarjanaPendidikan. Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan. Universitas Lampung.

https://www.researchgate.net/publication/335962811_PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR_MEMBACA_BERORIENTASI_KOOPERATIF_TIPE_CIRC_DI_KELAS_IV_SEKOLAH_DASAR

Darmodjo, Hendra dan Jenny R. E. Kaligis. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud, Dirjend Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Edwar, Rahmi. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Dalam Skripsi. Pasca Sarjana,Universitas Padang.

Faisal. 2014. Sukses mengawal kurikulum 2013 di SD. Yogyakarta :Diandra

Fajri, K., & Taufiqurrahman, T. (2017). Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Model 4D dalam Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 1-15.

Hotimah, H., Sunardi, & Suharto. 2014. Pengembangan PerangkatPembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Kadikma, Vol. 5, No. 2, Hal 121- 130, Agustus 2014.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Irawan, Edi, dkk. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Depublish

Ismira. 2018. “Pengembangan Produk Strategi Bimbingan Karir Berbasis Merantau Etnik Minangkabau “. Forum Peneliti, (3) 128.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, Endang. 2019. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan Bandung: Alfabeta.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif . Yogyakarta : Diva Press.

Permatasari, Bella. 2018. Pengembangan LKPD Berbasis POE Untuk Pembelajaran Fisika Materi Momentum Dan Implus SMA. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rianti Hest. 2017.”Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Berbantuan Metode Garis Pada Soal Cerita Matematika”.Lampung : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN).

Rohmah, Aulia, dkk. 2020. Pengrmbangan LKPD Tematik Berbasis Pendekatan Scientific Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Peserta Didik Kelas IV Sekolah dasar. Vol.8, No.3, Hal 559-568.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta: Kencana.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Jogjakarta: Ar-ruzzmedia

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Syarif, Andi Fajrin.2017 Pengembangan LKPD Berbasis Model Kooperatif TPS (Think-Pair-Share) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Matriks Klas XI MAN 1 Makassar : UIN Alauddin Makassar.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Surabaya: Cerdas Pustaka

............2011.Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi AnakUsiaDini TK/RA&AnakUsia Kelas Awal SD/MI.Kencana. Jakarta.

Wulansari. Dewi. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Problem Based Learning Tema Lingkungan Sahabat Kita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Dalam Tesis. Pasca Sarjana Magister Keguruan Guru SD. Universitas Lampung.

Published

2024-02-02