Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas III SDN 19 Pasar Ambacang
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v5i1.207Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar tematik terpadu peserta didik kelas III SD Negeri 19 Pasar Ambacang masih di bawah KKM. Penyebabnya peserta didik kurang antusias dan kurang aktif dalam pembelajaran, kurangnya interaksi antara pendidik dan peserta didik pembelajaran kurang inovatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar tematik terpadu pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD Negeri 19 Pasar Ambacang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control group Design. Dalam design ini terdapat dua kelompok, dimana kelompok pertama diberikan perlakuan menggunakan media audio visual dan kelompok kedua tidak diberikan perlakuan menggunakan media. Kelompok yang diberikan perlakuan disebut kelompok eksperimen (kelas eksperimen) sedangkan kelompok yang tidak mendapat perlakuan disebut kelompok kontrol (kelas kontrol). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IIIA SD Negeri 19 Pasar Ambacang dan sampelnya kelas III eksperimen, SD Negeri 43 Dadok Tunggul Hitam IIIB kelas kontrol. Data yang diperoleh menggunakan uji-t > (22,446 > 2,020). Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pengujian data dari kelas sampel yaitu berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya yang dilakukan adalah uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan dan dengan dk = n1 + n2 – 2. Berdasarkan pengujian > (22,446 > 2,020) maka H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar peserta didik yang menggunakan media audio visual lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan media audio visual”.
Referensi
Ahyar, H. et al. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Amir, A. 2014. Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Pedagogik, 06(01): 72–89.
Ghoffar, A. & Al-Atsari, A.I. 2004. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 6. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.
Hartini, Y. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas I Tema Pengalamanku SDN 8 Bengkalis Kecamatan Bengkalis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1): 246–255.
Mulyati, S. & Evendi, H. 2020. Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01): 64–73.
Purnomo, R.A. 2016. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: CV. Wade Group.
Rohmatin, A.Q.N. 2020. Pengaruh Game Kuis Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTS Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1): 112.
Siyoto, S. & Sodik, A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media.
Switri, E. 2019. Teknologi dan Media Pendidikan dalam Pembelajaran. Pasuruan: Qiara Media.