Pengaruh Model Bleanded Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu di Tinjau dari Kemandirian Siswa kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v5i1.208Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu : Guru kurang kreatif dalam melakukan proses pembelajaran secara online, hasil belajar peserta didik belum maksimal, peserta didik kurang mandiri dalam proses pembelajaran, Model Blended Learning pada pembelajaran tematik terpadu belum diterapkan secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk megetahui hasil belajar peserta didik ditinjau dari kemnadirian belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning pada mata pembelajaran tematik terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Design, dengan desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Group Design. Hasil penelitian ini dilihat dari hasil uji hipotesis dengan uji-t dan menunjukkan thitung= 4,557 dan ttabel= 2,026 dengan dk= 37 (n1 + n2 – 2 = 20 + 19 – 2 = 37) dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian thitung > ttabel (4,557> 2,026). Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Blended Learniang terhadap hasil belajar tematik terpadu ditinjau dari kemandirian belajar siswa
Referensi
Aunillah. Tarissa Niswatun, dkk. 2018. Dampak Blended Learning Pada Materi Fluida Dinamis Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal. Volume 4, Nomor 1. Juni 2018.
Farida, Anisatul dan Ratna Puspita Indah. 2018. Penerapan Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Critical Thinking Mahasiswa. Jurnal Derivat, Volume 5 No. 2 Desember 2018
Saefullah, dkk. 2013. Hubungan Antara Sikap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika 1 (2013), 26-36
Sandi, Gade. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 45, Nomor 3, Oktober 2012, hlm.241-251 (Online)
Jalak I Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 6, Nomor 2, November 2019. (Online)
Wahyuni, Hermin Try, dkk. Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Edcomtech. Volume 1, Nomor 2, Oktober 2016. (Online)
Wijoyo, Hadion, dkk. 2020. Blended Learning suatu panduan. Solok: Insan Cendikia Mandiri
Wijoyo, Hadion. dkk. 2021. Transformasi Digital Dari Berbagai Aspek. Solok: Insan Cendikian Mandiri