Pengembangan Media Video Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA Di SD

Penulis

  • Maifit Hendriani Universitas Adzkia
  • Indah Permata Dewi

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v5i1.209

Kata Kunci:

Pengembangan, Media powtoon, Mata Pelajaran IPA.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terhadap kendala dan kesulitan dalam pemahaman materi oleh peserta didik, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang mendukung, pendidik hanya menggunakan gambar yang terdapat dalam buku paket sebagai media atau alat peraga dalam penyampaian materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di SD yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development/ R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri atas tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media video pembelajaran berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA dengan tiga orang validator, satu orang pendidik dan 11 orang peserta didik pada uji coba. Memperoleh hasil dari aspek materi sebesar 90,6%, dari aspek bahasa sebesar 97,5% dan dari aspek desain sebesar 90,76%, sehingga didapatkan hasil validitas terkait media ini sebesar 92,95% dengan kategori sangat valid. Pada tahap praktikalitas, diperoleh hasil praktikalitas pendidik sebesar 89,83,% dan hasil praktikalitas peserta didik sebesar 88,42% sehingga didapatkan hasil praktikalitas terkait media ini sebesar 89,12% dengan kategori sangat praktis. Pada tahap uji efektivitas, dari 11 orang peserta didik diperoleh hasil sebesar 90,90% dengan kategori sangat efektif. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa pengembangan media video pembelajaran berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di SD dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Referensi

Andrianti, dkk. 2016. Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Criksetra. 5(9): 67

Awalia, Izomi dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 10(1): 49-56

Danim, Sudarwan. 2011. Pengantar Pendidikan. Bandung : ALFABETA

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Ilahi, Lisa Rahma, dkk.2020. Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Powtoon di kelas III Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2) : 1072-1073

Raihanati, dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Powtoon Berbasis Kontekstual pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV. Jurnal of Elementary Education. 4(2): 10

Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : AR-RUZ MEDIA

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-15