Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan

Penulis

  • Elva Zuleni Universitas Adzkia
  • Nadia Sri Wulan Dari Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v5i1.211

Kata Kunci:

Nilai-nilai Pendidikan karakter, Buku siswa.

Abstrak

Pendidikan karakter sangat diperlukan bagi peserta didik pada jenjang sekolah dalam membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Kemampuan pendidik dalam mengimplementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sangat penting. . Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1. Aspek ketepatan nilai-nilai karakter 2. Aspek penyajian buku ajar 3. Aspek materi buku ajar 4. Aspek bahasa buku ajar. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Hasil analisis menunjukan bahwa pada ketepatan nilai-nilai karakter yang ada pada buku guru yaitu nilai peduli dan santun, namun yang ditemukan dalam buku siswa yaitu nilai nasionalis dan nilai gotong royong. Artinya untuk nilai peduli dan santun tidak ditemukan dalam buku. Aspek penyajian buku ajar pada buku sudah baik atau sudah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, namun untuk contoh-contoh soal dalam buku siswa kurang hanya 50%, seharusnya untuk contoh soal dalam buku ada. Aspek materi buku ajar dalam buku sudah baik atau layak digunakan dalam proses pembelajaran, namun dalam beberapa materi menunjukan bahwa materi yang disajikan sama atau berulang-ulang. Buku siswa kelas IV tema 1 indahnya kebersamaan butuh direvisi dan penulis merekomendasikan nilai karakter yang terdapat pada buku yaitu nilai nasioanlis dan nilai gotong royong. Aspek penyajian buku ajar seharusnya untuk contoh soal dalam buku ada, agar siswa mudah mengerjakan latihan yang ada dibuku siswa. Aspek materi buku ajar seharusnya materi yang disajikan tidak berulang-ulang tapi berbeda agar tingkat pemahaman siswa bertambah. Aspek Bahasa pada buku ajara pada perkembangan emosioanal lebih baik lagi jika ditonjolkan pada buku siswa

Referensi

Adu, L. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Biologi Science dan Education, 70-71.

Dalmeri. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona Dalam Educating For Character). Al-Ulum, 271.

Endang. (2018). Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Fatmawati, M. (2021). Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Sekolah Dasar Tema Keluargaku: Perspektif Fungsi Komunikatif. Pendidikan Islam dan Multikuralisme, 11.

Julaiba, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 135.

Kaimuddin. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 52.

Kurniawan, H. (2020). Sekolah Islam Terpadu: Perkembangan, Konsep, Dan Implementasi. Ittihad, 37.

Kusuma, D. (2020). Pendidkan Nilai Sebagai Suatu Strategi Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa. Formatif, 41.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mitrakasih. (2020). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Era 4.0 Pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah. Basicedu , 270.

Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manejer Pendidikan, 465.

Sugyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati, dan R&D. Bandung: sAlfabeta.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukayati, dkk PPG Matematika. (2009). Pembelajaran Tematik Di SD . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Syafril. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.

Sistem Pendidikan Nasional no 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional no 20. 2003. Salinan Undang-Undang.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-15