Pengaruh Strategi Take And Give dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Penulis

  • Dini Maielfi Universitas Adzkia
  • Lidya Saputri

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v5i1.212

Kata Kunci:

Strategi Take And Give, Berpikir Kritis, Tematik Terpadu.

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan rendahnya berpikir kritis siswa yang disebabkan proses pembelajaran guru mengajar masih secara konvensional. Siswa belum mampu mengembangkan pengetahuan baru secara aktif, siswa belum mampu untuk berpikir kritis dalam proses pembelajaran, siswa belum dihadapkan pada keadaan yang menimbulkan konflik di dalam pikiran siswa, siswa belum dihadapkan dalam pemecahan masalah saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Take And Give terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V UPT SDN 08 Inderapura Pancung Soal. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SDN 08 Inderapura Pancung Soal yang mana kelas A sebagai kelas eksperimen menggunakan startegi Take And Give dan kelas B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional, dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes keterampilan berpikir kritis berupa soal uraian sebanyak 9 butir soal, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini, terlihat bahwa 4.93020 dan  =  dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian  >( 4.93020> 1,70562) maka hipotesis atau H1 diterima. Dari hasil penelitian terbukti bahwa strategi Take And Give memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V UPT SDN 08 Inderapura Pancung Soal tahun ajaran 2021/2022.

Referensi

A.Octavia, Shilphy. 2020. Strategi-Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: VC Budi Utama.

Ennis, R. H. 2013. Critical Thinking. United States of Amerika: University of Illinois.

Karim, Normaya. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucuma Di Sekolah Menengah Pertama. Banjarmasin : Universitas Lambung Mangkurat.

Maulana. 2017. Konsep Dasar Matermatika dan Pengembangan Keterampilan Berfikir Kritis-Kreatif. Upi Sumedang Press.

Rusman. 2016. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Guru(Pendekatan Kuantitatif, Kuliatatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-13