Analisis Nilai-Nilai Karakter dalam Proses Pembelajarantematik Terpadu Di Kelas V SDN 05 Jaruai Bungus Teluk Kabung Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v5i2.214Kata Kunci:
Penerapan, Tematik Terpadu, Nilai Karakter, Kualitatif.Abstrak
Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini yaitu nilai karakter apa saja yang terlihat pada proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat penerapan nilai-nilai karakter pada proses pembelajaran tematik terpadu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Data penelitian ini dikumpukan dengan cara melakukan wawancara, menyebar angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini didapatkan pada penelitian lapangan yang di lakukan di SDN 05 Jaruai Bungus Teluk Kabung Kota Padang tahun ajaran 2021/2022 yaitu Adapun nilai karakter yang dominan terlihat didalam proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 05 Jaruai Bungus Teluk Kabung Kota Padang adalah nilai karakter religius, jujur, peduli, tanggung jawab dan disiplin. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil instrument yang penulis pakai saat proses pembelajaran tematik terpadu, terdapat nilai karakter religius terdapat sebanyak 83% data, nilai karakter jujur terdapat sebanyak 78% data, nilai karakter disiplin terdapat sebanyak 75% data, nilai karakter tanggung jawab terdapat sebanyak 90% data, dan nilai karakter peduli terdapat sebanyak 79% data peserta didik yang menerapkan nilai – nilai karakter di kelas V SDN 05 Jaruai Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Kriteria penerapan nilai – nilai karakter di SDN 05 Jaruai Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Karakter yang baik terbentuk dari sekarang akan sangat menentukan karakter bangsa dikemudian hari. Karakter akan terbentuk dengan baik, jika karakter tersebut selalu diimplementasikan dengan baik dikehidupan peserta didik.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Bahri, Syaiful & Azwan Zain. 2010. Setrategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Binti, Maunah. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik. Jurnal Pendidikan Karakter, 5 (1). pp. 90-101. ISSN 2089-5003
Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Hamid, Abdulloh. 2013. Penanaman nilai-nilai karakter siswa SMK Salafiyah Prodi TKJ Kajen Margoyoso Pati jawa tengah.(Online) Vol 3,Nomor 2, Jurnal Pendidikan Vokasi, Juni 2013
Kesuma, Darma. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik Di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Marzuki. 2019. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Mulyasa. E. 2011. Menajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Musrifah. 2016. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI). Volume 1, Nomor 1, Brebes e-mail: ifahmusripah@yahoo.co.id Edukasia Islamika, Desember 2021/1438
Patmawati, Sri. 2013.“Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Tata Hiding Siswa Smk Negeri 4 Yogyakarta.” Program studi pendidikan teknik boga Jurusan pendidikan teknik boga dan busanafakultas teknik universitas negeri Yogyakarta
Purbha, Sakti Bayu. 2017. Indikator pengembangan karakter siswa Sekolah dasar. Magistra No. 101 Th. XXIX September 2017 ISSN 0215-9511
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka belajar
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Problematika Belajar Dan Mengajar. Bandung. Alfabeta.
Siregar, Zulfahman 2015. Panduan Praktis Ibadah. Padang: Jasa Surya Padang
Sudjana, Nana. 2010. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Zakiyah dan Rusdiana, 2014. . Pendidikan Nilai Karakter Kajian Teori dan Praktik Di Sekolah. Bandung: CV Pustaka