Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas V Sekolah Dasar

Penulis

  • Dini Maielfi Universitas Adzkia
  • Zeli Ardiana Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v5i2.216

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, sistem peredaran darah

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dalam proses pembelajaran seperti media audio visual, media animasi, multimedia interaktif, tidak memanfaatkan alat bantu yang ada seperti infokus, pendidik hanya berpanduan pada buku guru dan buku siswa saat mengajar, peserta didik kurang memahami materi pembelajaran karena banyak terdapat bahasa asing dan pembelajaran tidak interaktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan, validitas, praktikalitas, dan efektifitas media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian R&D yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap Implementation produk di uji cobakan kepada 20 orang peserta didik kelas V SD. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen pengumpulan data yaitu lembar validitas untuk ahli media/desain, dan ahli materi/isi. Instrumen praktikalitas menggunakan angket untuk pendidik dan peserta didik. Instrumen efektifitas menggunakan tes soal untuk hasil belajar peserta didik (post-test). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas V SD yaitu skor validasi ahli media 90% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli materi 80% dengan kriteria valid. Untuk praktikalitas dari pendidik didapatkan skor 87,5% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan untuk praktikalitas dari 20 orang peserta didik mendapatkan skor 96,1% dengan kriteria sangat praktis. Untuk hasil efektifitas mendapatkan nilai rata-rata 80% dengan kriteria efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas V Sekolah Dasar sudah valid, praktis, dan efektif.

Referensi

Aimah, Muslikhatun, dkk. 2017. Penggunaan Aplikasi Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meninngkatkan Hasil Belajar Siswa. Vol. 6 No. 01.

Ainin, Moh. 2013. Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal OKARA, (Online), Vol. 11, No. 8, (diakses 18 Juni 2021).

Akbar, Taufiq, N. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inguiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan, (Online), Vol. 1, No. 6, (diakses 25 Juni 2021).

Amin, Rifqi. 2015. Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: LkiS Pelangi Aksara.

Ardiansyah, Nurdin. 2013. Flash Profesional 8: Sebuah Tutorial Flash Untuk Pemula. Tidak diterbitkan.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asmoro, Siwi W., dan Pramono, Joko. 2019. Desain Media Interaktif Kompetensi Keahlian Multimedia Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Yogyakarta: ANDI.

Fitriana, Dina. 2014. “ Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Interaktif pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia DI MI Raudlatul Ulum Ngijo Karangploso Malang”. (Skripsi). Malang: Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyyah.

Halim, Claudia Pravita. 2018. Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan Berbasis Metode Montessori Kelas IV Sekolah Dasar. Artikel Ilmiah.

Hamid, Mustofa, Abi, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Hariadi, Sutriono. 2019. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Tik Teks Wawancara Bahasa Jawa pada Siswa Kelas VIII. Probolinggo: Buku Buku.

Hayumuti, dkk. 2016. Penggunaan Multimedia CD Animasi Interaktif dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Tema Selalu Berhemat Energi di Kelas IV SDN Klanderan Kediri. Jurnal Pendidikan, (Online), Vol. 1, No. 7, ( diakses 9 Juni 2021).

Huda, Asrul. 2018. Model Pembelajaran Desain Grafis. Padang: UNP Press.

Indriati. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Cahaya Melalui Pembelajaran SCIENCE-EDUTAINMENT Berbantuan Media Animasi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (Online), Vol. 1, No. 2, ( diakses 23 April 2021).

Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Lestari, Novia. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Jawa Tengah: Lakeisha.

Limbong, Tonni dan Simarmata, Janner. 2020. Media dan Multimedia Pembelajaran Teori & Praktik. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Marpaung, Indra Yasinta Oktavia & Sigian Sahat. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Macromedia Flash Profesional 8 Kelas V SD Swasta Namira. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 3(1)

Maryani, Dwi. 2014. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. Jurnal Speed Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, (Online), Vol. 6, No. 2, ( diakses 23 April 2021).

Mustafa, Pinton, S., dkk. 2020. “ Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga”. Malang: Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Malang.

Nugraheni, Nursiwi. 2017. Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, (Online), Vol. 7, No. 2, ( diakses 10 Juni 2021).

Ninda, Marita. 2020. “ Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 4 Kota Banda Aceh”. Banda Aceh: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Ar-Ranity Darussalam Banda Aceh.

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, (Online), Vol. 3, No. 1, ( diakses 10 Juni 2021).

Oktafiani, Dian. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, (Online), Vol. 8, No. 3, (diakses 15 Juni 2021).

Pratisti, Wiwien D., dan Yuwono, Susatyo. 2018. Psikologi Eksperimen Konsep, Teori, dan Aplikasi. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Pratomo, Adi. 2019. Media Interaktif Berbasis Android. Yogyakarta: POLIBAN PRESS.

Putra, Ilham, Eka. 2013. Teknik Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. Jurnal TEKNOIF, (Online), Vol. 1, No. 2, ( diakses 7 Juni 2021).

Ratih, Maistika. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Model VARK (Visual, Auditory, Read/Write and Kinaesthetic) dikelas 1 Sekolah Dasar”. (Skripsi). Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-03