Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v5i2.217Kata Kunci:
Modul Berbasis contextual teaching and learning (CTL), validitas, praktikalitas, efektifitas.Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yaitu belum ada ketersedian modul pembelajaran tematik terpadu berbasis contextual teaching and learning (CTL), guru kurangnya mengaitkan pembelajaran dengan masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari peserta didik, pendidik sudah memberikan buku panduan berupa bahan ajar namun peserta didik kurang tertarik, bahan ajar tersebut tidak banyak gambar, bahan ajar didominasi dengan gambar yang tidak berwarna, dikarenakan kertas yang digunakan hanya kertas koran dan dikemas biasa, Kolom isian latihan terbatas, jadi peserta didik tidak dapat maksimal mengeksporasi jawabannya terhadap latihan-latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidkan modul berbasis contextual teaching and learning (CTL). Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) model pengembangan yang dilakukan adalah model 4D yang terdiri dari atas tahap pendefinisian (define), tahap perangcangan (design) tahap pengembangan (developmen), dan tahap penyebarluasan (dissemenate). Hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran tematik terpadu berbasis contextual teaching and learning dengan tiga orang validator dosen Universitas Adzkia dan satu guru SD negeri 22 Mata Air dinyatakan sangat valid. Dengan tingkat kevalidan yang diperoleh pada tahap pengembangan modul diperoleh dengan persentase kelayakan design (92,5%) dan bahasa (85,7%) dan materi dari dosen (87,5%) dan materi dari guru (92,5%).dan tingkat pratikalitas modul berbasis contextual teaching and learning (CTL) guru (93,75%) dan kepratikalitas modul berbasis contextual teaching and learning (CTL) lima orang peserta didik adalah (95,30%)dan keefektifitasan dari tiga orang peserta didik(Gicela100%), (Lidya 98%),(fa`izza 98%).Jadi membuktikan bahwa modul berbasis contextual teaching and learning pada pembelajaran tematik terpadu tema 8 subtema 1 dinyatakan sangat valid dan layak digunakan.
Referensi
Afandi, lalu Hamdani. 2014. Pengaruh Metode Tutor Sebaya (Teer Tuoring) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester II Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Dalam Mata Kulia Peantar Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pediyah Pustaka Pendidikan 2 (3): 238-247.
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bndung: Remaja Rosdakarya Offset.
Al-Tabany, Trianto, 2014. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia Group.
Al-Tabany. 2011. Desean Pengembangan Tematik. Jakarta: Prenadamedia Groub.
Al-Tabany. 2014. Desean Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Groub.
Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Metode dan Aradikma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arum, T. S., & Wahyudi, W. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem PendekatanSaintifik untukKelas 5 Sd. Scholaria :Jurnal PendidikanDan Kebudayaan,6(3),239.https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta:Referensi Jakarta.
Berlin sani, 2014. ”Strategi Pembelajaran didalam Kelas”.Alfabeta:Bandung
Bintang, A. N. and Dewi, S. K. (2017) ‘Analisa Postur Kerja Menggunakan Metode OWAS dan RULA’, Jurnal Teknik Industri, 18(01), pp. 43–54.
Direktorat Jendral pengembangan mutu pendidikan dan tenaga pendidikan. 2008. Penilisan modul. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.
Endang Mulyatiningsih. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Erni Yusmawati. 2019. Upaya meningkatkan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran KOOPERATIVE TIPE TIME TOKEN pada siswa kelas II SDN 06 LUBUK JANTAN.
Fatimah, Siti. 2017. Pengembangan Modul Berbasis Keterampilan Literasi. Vol VI. No 2. Diakses Pada 21 September 2020 Pukul 14:00 WIB.
Fogarty, R. 1991. Hom to integrate the curricula. Palatine. Illinois. IRI/Skylight Publishing, Inc.
Hamalik, Oemar, 2008. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.