Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SDN 05 Jaruai Kota Padang

Penulis

  • Ade Irma Suryani Universitas Adzkia
  • Riska Hayuni Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v5i2.218

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berpikir kritis siswa yang masih kesulitan menyelesaikan masalah dalam pembelajaran, siswa kurang aktif dalam berdiskusi dengan temannya, siswa yang masih sulit dalam merumuskan pertanyaan-pertanyaan serta penggunaan media masih konvensional. Penelitian ini bertujan untuk melihat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SDN 05 Jaruai Kota Padang. Jenis penelitian yaitu Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Posttes Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 05 Jaruai Kota Padang tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel siswa kelas VA dan VB sebanyak (64 orang). Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes keterampilan berpikir kritis berupa soal objektif sebanyak 17 butir soal, data yang diperoleh dianalisi dengan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil uji hipotesis dengan uji-t dan menunjukkan bahwa bahwa t_hitung= 2,815.dan t_tabel = 1,670 dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian thitung > ttabel  (2,815 > 1,670) maka hipotesis atau H1  diterima. Jadi dapat disimpulkan “Keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan tidak menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 05 Jaruai Kota Padang tahun ajaran 2021/2022”.

Referensi

Faisal. 2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD. Yogyakarta: Diandra Creative.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-04