Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV UPT SD Negeri 06 Pasar Taratak Pesisir Selatan

Penulis

  • Maifit Hendriani Universitas Adzkia
  • Rara Sasmuryanti Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v5i2.219

Kata Kunci:

Hasil Belajar,Scramble, Tematik Terpadu.

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah pada pembelajaran tematik terpadu hal ini disebabkan oleh belum adanya kerja sama antar siswa dalam proses pembelajaran, siswa tidak dibiasakan untuk menyampaikan pendapatnya dan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran hanya berpusat pada guru (teacher centered) dan pembelajaran hanya menggunaka metode ceramah dan tanya jawab hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV UPT SDN 06 Pasar Taratak P. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SDN 06 Pasar Taratak Pesisir Selatan yang mana kelas A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model kooperatif tipe scramble dan kelas B sebagai kelas kontrol tidak menggunakan model kooperatif tipe scramble. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal objektif berupa pilihan ganda sebanyak 15 butir soal, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil peneitian ini, terlihat bahwa t-hitung = 3,453 dan t-tabel = 1,668 dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian thitung>ttabel (3,453 > 1,668) maka H1 diterima dan HO ditolak. Dari hasil penelitian terbukti bahwa model kooperatif tipe scramble ini memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV UPT SDN 06 Pasar Taratak Pesisir Selatan tahun ajaran 2021/2022.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik. Jakarta: RinekaCipta.

Ariyanto, Meta. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Jurnal Profesi Guruan Dasar, Vol.3, No. 2. ISSN: 2503-3530.

Astuti, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Kecamatan Buleleng. E-jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa. Vol.5 No:2.

Devina, Ni lu novita, dkk. 2017. Model Pembelejaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Bahan Manipulatif Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Of Education Technology, Vol.1, No.2.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: isu-idu metodis dan paradigmatis.

Prastowo, Ani. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Rusman. 2016. Pembelajaran Tematik Terpau Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta Rajawali Pres.

Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wafigni. 2018. Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Guruan Dasar Islam, Vol. 10, No. 2. 255-270.

Widi, Astuti, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPS. E-jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa. Vol.5 No:2.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-01