Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Berpikir Kritis Di Kelas IV UPT SD Negeri 06 Pasar Taratak Pesisir Selatan
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v5i2.220Kata Kunci:
Keywords: Problem Based Learning (PBL) Model, Critical Thinking Skills, Integrated Thematic LearningAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa yang disebabkan oleh masih ada guru jarang bertanya kepada siswa, dan pertanyaan yang di ajukan guru belum membuat siswa berpikir secarakritis, selain itu guru membuat anak cepat bosan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di kelas IV UPT SDN 06 Pasar Taratak Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimen. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimen. hasil penelitian ini, terlihat bahwa t hitung= 4,442 dan t tabel = 1,687 dan taraf signifikan 5 %. Berdasar kanpengujian t hitung> t tabel (4,442 > 1,687) maka hipotesi satau H₁ diterima. Dari hasil penelitian terbukti bahwa model problem based learning (PBL) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikirkri tissiswa di kelas IV UPT SDN 06 Pasar Taratak Pesisir Selatan.
Referensi
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Payadnya dan Jayantika. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Group Penerbitan CV BUDI UTAMA
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Ramlawati, dkk. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, Vol VI, No 1. ISSN 2579-5686 (Online)
Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D). Bandung: Alfabeta.