Pengembangan E-LKPD Berbasis Live Worksheets pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah Dasar

Penulis

  • Sry Apfani Universitas Adzkia
  • Dwi Anggraini Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v5i2.221

Kata Kunci:

E-LKPD, live worksheets, Integrated Thematic

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik dan untuk meningkatkan efektivitas peserta didik dalam mengerjakan tugas yang ada pada LKPD yang diberikan oleh pendidik. Sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Seiring dengan perkembangan zaman teknologi di bidang informasi dan komunikasi serta didukung oleh kemajuan internet maka hal ini juga berdampak pada perkembangan jenis-jenis sumber belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengembangan E-LKPD berbasis live worksheets pada pembelajara tematik terpadu kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan  (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Berdasarkan hasil validasi dari segi materi diperoleh nilai 84,3% (valid), pada aspek  bahasa memperoleh nilai 82,1% (valid), dan pada aspek tampilan dengan nilai rata-rata 95% (sangat valid). Tingkat praktikalitas E-LKPD dari pendidik dengan nilai rata-rata 89,3% (sangat praktis), dan tingkat kepraktisan E-LKPD oleh peserta didik mencapai nilai rata-rata 87,2% (sangat praktis). Nilai efektivitas E-LKPD dengan rata-rata 88 yang diperoleh dari tes pengisian  E-LKPD oleh peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis live worksheets pada Pembelajaran Tematik Terpadu kelas V Sekolah Dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Referensi

Anggraini,Widy dkk .2016. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Untuk Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi, 3 (1) 50

Endang Mulyatiningsih.2011.Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.Bandung: Alfabeta

Faisal. 2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 Di SD (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta : Diandra Creative

Hanafi. 2017. Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4 (2) 130

Lasha,Vina. 2018. Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientific di Sekolah Dasar. jurnal pendidikan dasar, 2 (1) 18

Majid, Abdul .2014. Pembelajaran Tematik Terpadu .Bandung : Remaja Rosdakarya

Novelia, Rika. 2017. Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas VII.3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 1 (1) 22

Pawestri, Elok dkk.2020. Pengembangan Lembar Kerja peserta Didik (LKPD) untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa pada Pembelajaran Tematik kelas II Di SD Muhammadiyah Danunegara 6 (3)

Permata sari,Yosita.2019. Pengembangan LKPD Elektronik Dengan 3D Pageflip Professional Berbasis Sains pada Materi Gelombang Bunyi. skripsi tidak diterbitkan. Lampung : Fakultas Tarbiyah dan keguruan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-04