Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Model Inkuiri Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v5i2.222Kata Kunci:
Modul, Inkuiri, Tematik Terpadu.Abstrak
Penelitian ini memiliki beberapa permasalahan yaitu pembelajaran yang diajarkan pendidik kurang efektif, berdasarkan hasil pengamatan terhadap baha ajar berupa modul yang digunakan pesera didik. Hasil analisis terhadap bahan ajar modul yang digunakan peserta didik adalah: a) adanya pengajuan permasalahan, b) belum terlihat adanya rumusan hipotesis, c) warnagambar yang dipakai kurang menarik. Bedasarkan hal tersebut dikembangkan modul pembelajaran tema 2 udara bersih bagi kesehatan, subtema 1 cara tubuh mengelola udar bersih pembelajaran 1 dan 2. penelitian ini tujuan untuk menghasilkan modul yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D (define, design, development, disseminate). Penelitian ini dilakukan secara terbatas karena kondisi pandemic Covid-19. Berdasarkan hasil uji validator dari presentase kelayakan design (3,50%), materi (3,27%), dan bahasa (3,37%). Hasil uji praktikalitas bagi peserta didik mendapatkan nilai rata-rata (90%). Hasil uji efektifitas dari lima belas peserta didik mendapatkan nilai rata-rata (90,8%). Untuk pembelajaran 1 dan (89,9%) unutuk pembelajaran 2. Membuktikan bahwa pengembangan modul pembelajaran tematik terpadu berbasis Inkuiri dinyatakan valid, praktis, efektif, dan layak di gunakan.
Referensi
Agustian, Ina. 2017. Pengambangan bahan ajar tematik berbasis inquiry terbimbing(GUIDE INQUIRY) UNTUK SISWA KELAS IV sekolah dasar. Jurnar pendidikan dasar nusantara (JPDN), Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Chan, Faizal. 2019. Pengembangan Buku Petunjuk Pratikum IPA Berbasis Learning Cycle Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, (Online), Vol. 4, No. 2, (http://online –journal.unja.ac.id/index.php/gentapala, diakses 22 Agustus 2020)
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Panduan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Depdiknas.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jenjang Pendidikan Dasar.Jakarta: Depdiknas.
Faisal.2014. sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD. Yogyakarta: diandra Creative.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hernawan, Asep Herry., dkk. 2014. Pembelejaran Terpadu di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Ismira. 2018. “Pengembangan Produk Strategi Bimbingan Karir Berbasis Merantau Etnik Minangkabau”. Forum Peneliti, (3) 128
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi
Prastowo, Andi, 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (menciptakan metode pembelajaaran yang menarik dan menyenangkan) Yogyakarta :Diva Press
Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik.Jakarta:Kencana.
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogjakarta:Diva Press.
Purwanto, Rahadi, A, dan Lasmono, S. 2007. Pengembangan Modul. Jakarta: PUSTEKKOM Depdiknas
Purnama, farisa laila. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Solving Pada Tema 6 Subtema Tubuh Manusia Kelas V SD/MI. Jurnal PGMI, FTK, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Setyosari, punaji.2016 metode penelitian pendidikan dan pengembangan.Jakarta prenadamedia group.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfa Beta.
Sumatri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar (P. R. Persada (ed.)).
Sumantri, mohamad syarif 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: rajawali pers.
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto.2010. model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksra.