Pengembangan Media Scrapbook Menggunakan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SD Negeri 05 Pasar Tiku Tanjung Mutiara Kabupaten Agam

Penulis

  • Jendriadi Universitas Tidar
  • Meri Marlina Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v5i2.223

Kata Kunci:

Media Scrapbookmenggunakan model Discovery Learning, Tematik

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurangan pada proses pembelajaran tematik materi IPA, diketahui bahwa pada proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran secara visual tersebut, belum memberikan dampak terhadap antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan media yang digunakan belum menimbulkan sikap berpikir kritis dan aktif bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, validitas, praktikalitas dan efektivitas media Scrapbook menggunakan model  Discovery  Learning pada pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model 4D (define, design, development, dan dissemination). Pada tahap dissemination dilakukan uji coba terhadap 10 orang peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar validasi (untuk ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media). Instrumen praktikalitas yaitu berupa angket pendidik, peserta didik dan efektivitas dilihat dari hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Scrapbookmenggunakan model Discovery Learning pada pelajaran IPA materi siklus hidup makhluk hidup di kelas IV sekolah dasar sangat valid, dengan skor validasi ahli materi 75% dengan kategori valid, validasi ahli bahasa dengan skor 91.6% dengan kategori sangat valid, validasi ahli media dengan skor 93,18% dengan kategori sangat valid. Dan rata-rata nilai keseluruhan validasi yaitu skor 86,59% (Sangat Valid). Untuk hasil Praktikalitas dari 1 orang pendidik didapatkan nilai rata-rata 86.1% dengan kriteria penilain Sangat Praktis, sedangkan untuk praktikalitas dari 10 peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 91,22% dengan kriteria Sangat Praktis. Untuk hasil Efektivitas mendapatkan nilai rata-rata 90,00% dengan kriteria sangat efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Scrapbook menggunakan model Discovery Learning di kelas IV Sekolah Dasar sudah sangat valid, praktis, dan efektif.

Referensi

Scrapbook media using the Discovey Learning model, ThematicAkbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Budiyono, Saputro. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Chotib, Sjahidul Haq. 2018. Prinsip Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal PGMI, Vol. 1, No. 2.

Damayanti Maita, dkk. 2017. Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Materi Keragaman Adat Di indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya, Vol. 05, No. 03.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Belajar Peserta didik. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Dessy, Linda Kumala Sari. 2018. Pengaruh Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi Peserta didik Kelas IV SDN Lidah Kulot Empat Surabaya. Jurnal PGSD, Vol. 06, No. 05.

Diana Mega Puspita.2018. Pengembangan Media Scrapbook pada Materi Mengidentifikasi Unsur Cerita (Tokoh, Tema, Amanat) Kelas V SDN Ngadirejo. Jurnal PGSD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, Vol. 02, No. 03.

Ferawati, Mutmainna. 2015. Komparus Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Discovery Learning Dan Assigment and Recitiation. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol.3, No. 1.

Guslinda, dkk. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya. CV. Jakad Publishing.

Hamdani. 2017. Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Melalui Metode Discovery Learning Dengan Bantuan Audio Visual terhadap Hasil Belajar peserta didik. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017,Vol.1, No.1.

Hariadi, Sutriono. 2019. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Tik Teks Wawancara Bahasa Jawa pada Peserta didik Kelas VIII. Probolinggo: Buku-buku.

Hasan, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran . Penerbit : Tahta Media Grup.

Hidayah, Tsamaniariaty dkk. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Kuliah Perkembangan Kepribadian. Jurnal Obor Penmas Pendidikan Luar Biasa, Vol. 2, No. 2

Johar, Rohmah. 2021. Strategi Belajar Mengajar Untuk Menjadi Pendidik yang Profesional. Banda Aceh : Syiah Kuala University Press.

Kardawati, Ani, dkk. 2017. Pembelajaran Tematik (Konsep Dan Aplikasi). Jawa Timur. CV. At Media Grafik.

Malini, Cut dan Rismawati. 2019. Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tunas Bangsa. Vol. 6, No. 2

Marisya, Aulia dkk. 2020. Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 4, No. 3

Melindawati, Silfi. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar. Vol.5, No.1

Maulana, Arafat Lubis. 2020. Pembelajaran Tematik SD/MI.Jakarta : Kencana.

Mulyatiningsih, Endang. 2019. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta cv.

Mustofa, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Jakarta : Yayasan Kita Menulis.

Nabila, Yuliana. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 2, No.1.

Nugraha, Frasandy Rendy, 2017. Pembelajaran Tematik Integratif (Model Integrasi Mata Pelajaran Umum Sd/MI dengan Nilai Agama) Jurnal, Vol. 5, No. 2.

Oktafia, Tri Hapsari, dkk. 2018. Pengembangan Media Scrapbook pada Keterampilan Menulis Peserta didik Kelas IV SD. Jurnal Fundadiknas, Vol. 1, No. 1.

Prasetya, Agus. 2016. Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Pendidik. Universitas Terbuka Convention Center, 26 November.

Prasetyana. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning yang diIntegrasikan dengan Group Investigation pada Materi Protista Kelas X. Jurnal Inkuiri, Vol. 4, No. 2.

Prastowo, Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta. PT Kencana.

Purba, Ramen A. 2020. Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Sadiman, Arief. S, dkk. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Selly, Fransisca dkk. 2019. Pemanfaatan Teknologi RFID untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah dengan Metode (R & D). Jurnal Mahapeserta didik Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi, Vol. 1, No.1, Tahun 2019.

Shomali Kurniawan Sibue, dkk. 2019. Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Edu Riligla, Vol. 3, No.3

Sulistio, Edy dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil belajar Peserta didik Kelas X TAV Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Saund Sistem. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 03, No. 1.

Steffi Adam. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Peserta didik Kelas X SMA Anada Batam. Jurnal CBIS, Vol. 3, No. 2.

Suardi, Moh. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Indonesia: Prenada Media Group.

Tiara, Kusnia Dewi, dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 9, No. 1.

Utaminingsih, Sri dkk. 2019. Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Edu Riligla, Vol. 3, No. 3.

Veronika, Indah, dkk. 2018. Pengembangan Media Scrapbook pada Pembelajaran Ipa. Jurnal JIPP,Vol. 2, No. 3.

Yaumi. Muhammad. 2018. Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Prenadamedia Group.

Zainiyati, Hasniyatus Salamah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT.Jakarta : PT Kharisma Putra Utama.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-04