Pengembangan Media Video Berbasis Karakter Peduli Dan Kasih Sayang Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Islam Terpadu 1 Adzkia Kota Padang

Penulis

  • Elva Zuleni Universitas Adzkia
  • Sisla Wati Sisla Wati Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v5i2.224

Kata Kunci:

Video, Karakter, Tematik Terpadu.

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh media khususnya video yang digunakan oleh sekolah belum terintegrasi nilai-nilai karakter. Hal ini tidak sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yang salah satunya adalah membentuk anak yang memiliki akhlak mulia. Video yang digunakan sekolah sebagai media pembelajaran belum memuat nilai karakter. Berdasarkan hal tersebut dikembangkan video Tema 1 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Pembelajaran 2 dan 3. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan video pembelajaran berbasis karakter. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Developmet). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), Pengembangan (Developmnet) dan penyebarluasan (Disemination). Berdasarkan penelitian, secara keseluruhan diperoleh nilai rata-rata validasi pada aspek design, bahasa dan materi  adalah 91,01%. Kemudian dilakukan tahap praktikallitas dan efektivitas. Tahap praktikalitas ini dilakukan pada satu orang pendidik dan lima belas orang peserta didik. Praktikalitas respon pendidik diperoleh nilai 88,8% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan praktikalitas respon peserta didik diperoleh nilai 79,08% dengan kategori praktis. Pada tahap efektivitas dilakukan pada lima orang pendidik dan lima belas orang peserta didik. Efektivitas respon pendidik diperoleh nilai 93,06% dengan kategori sangat efektif, sedangkan efektivitas respon peserta didik pada kategori respon “Ya” diperoleh nilai 54,4% sedangkan efektivitas respon peserta didik pada kategori respon “Tidak” diperoleh nilai 18%. Maka pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media video berbasis karakter peduli dan kasih saying adalah layak digunakan didalam proses pembelajaran.

Referensi

Marlini, Cut, dkk. 2019.Praktikalitas Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tunas Bangsa Vol.6 No.2.

Maryono, dkk. 2018. Implemetasi Pendidikan Karakter Mandiri di Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Karakter, 3 (1): 37

Widihyati, Nur Umi, dkk. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berkarakter Melalui Permainan EdukatifMatcindo Sebagai Learning Exercise Bagi Siswa. (Online) Diakses 4 November 2021.20:58 WIB.

Wijanarti, Wilis, dkk. 2019. Problematika Pengintegrasian Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan, 4 (3): 397

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-04