PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Widya Widya Universitas Malikussaleh
  • Weni Putri Ami Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.225

Kata Kunci:

Pengembangan, Pembelajaran Tematik Terpadu, Media Scrapbook.

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah media pembelajaran yang digunakan pendidik dalam proses pembelajaran hanya media yang ada pada buku cetak dan kurang menggunakan media nyata atau konkret. Tujuan utama dari penelitian ini, yaitu untuk menghasilkan sebuah produk media Scrapbook pada tema 2 (selalu berhemat energi) subtema 1 (sumber energi) pembelajaran 1 di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah pengembangan R&D (reseach and development) dengan menggunakan model 4-D (define, design, development, dissemination). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen awal-akhir, peserta didik, tugas, lembar analisis konsep dan tujuan pembelajaran, angket validitas, praktikalitas, serta soal pre-test dan post-test. Validasi media Scrapbook dibantu oleh tiga orang validator yaitu ahli design, bahasa dan materi. Tingkat kevalidan yang diperoleh hasil uji validator sebesar 95 termasuk kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas pendidik diperoleh sebesar 99 dan peserta didik sebesar 91 termasuk kriteria sangat praktis. Sedangkan hasil uji efektivitas pembelajaran di kelas yaitu rata-rata hasil pre-test peserta didik adalah 50,4 dan post-test adalah 84,5. Berdasarkan analisis menggunakan uji t menghasilkan 0,000 < 0,05 yang artinya 2 (tailed) < 0,05 dan H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Scrapbook yang peneliti kembangkan dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.

Referensi

Alfiah dkk. 2018. Media Scrapbook Sebagai Jurnal Refleksi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Regulasi Diri. Vol 3 No 1

Chan, Faizal & Budiono, Hendra. 2019. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Learning Cycle Bagi Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar, Vol 4 No 2,

Dewi, Yuliana. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika, No 9, Vol 1

Hasbi. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Validitas Reabilitas Praktikalitas dan Efektivitas Bahan Ajar Cetak. Padang: UNP

Hernawan, dkk. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS

Kadir, Hanun. 2015. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kusumaning, dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Keterampilan Membaca. No1. Vol 4.

Lestari, Lasmi dkk. 2018. Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). Volume 2 Nomor 2.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masdiana dkk. 2014. Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi pada Lingkungan Siswa kelas 1 SDN 018 Letawa Kecamatan Sarjo Kebupaten Mamuju Utara. Vol 3, No 2

Mulyatiningsih, Endang. 2019. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ningsih, Ema Wahyu. 2021. Pengembangan Media Scrapbook Pada Kelas V MI Tarbiyatul Aulad Wedani.Gresik: Universitas Muhammadiyah.

Nurseto, Tejo. 2011. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol 8 No 1

Norma Azizah, dkk. 2020. Pengembangan media scrapbook pada materi bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan. Pedagogi: Jurnal Penelitian PendidikanVol 7, No 2.

Priyatno, Duwi. 2018. SPSS Panduan Mudah Olah Data bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Rosihah, Pamungkas. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook berbasis Konten Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Vol 4 No 1

Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2016. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri Mohamad. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Raja Grafindo

Suryani Krisna Anik, Sunarti. 2021. Pengembangan Scrapbook Sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas IV SDIT AL-Umar Ngargosoko Srumbung Magelang. Vol 1 No 1

Tatik & Irawan, Edi. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Bumi Utama.

Thaigarajan. 1947. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Univ Center for Innovation in Teaching the Handicapped

Veronica Indah, dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN Taman Sari 01 Pati, Vol 2, No 1

Wardhani, Setyo Wahyu. 2018. Pengembangan Media Scrapbook. Vol 2 No 2

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-02