PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN MODEL BAMBOO DANCING BERBANTUAN MEDIA KARTU DI KELAS IV SDN 05 ALANG RAMBAH

Penulis

  • Hendrizal Stkip Adzkia
  • Utari Utami Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.226

Kata Kunci:

Aktivitas Belajar, Tematik Terpadu, Bamboo Dancing, Media Kartu.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar tematik terpadu di kelas IV SDN 05 Alang Rambah. Pada saat proses pembelajaran siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran, baik dalam Oral Activities, Visual Activities, Listening Activities dan Mental Activities. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Bamboo Dancing berbantuan Media kartu di kelas IV SDN 05 Alang Rambah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, terdiri dari II siklus, siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 05 Alang Rambah. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran model Bamboo Dancing, lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa, lembar pengamatan aktivitas belajar berupa Oral Activities, Visual Activities, Listening Activities, Mental Activities dan foto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada aspek Oral Activities siklus I 64,05% dengan kategori (C) dan siklus II 76,56% dengan kategori (B), Visual Activities siklus I 65,09% dengan kategori (C) dan siklus II 78,64% (B), Listening Activities siklus I 66,14% dengan kategori (C), dan siklus II 79,16% (B), Mental Activities siklus I 67,70% dengan kategori (C), dan siklus II 80,20% (A). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Bamboo Dancing berbantuan Media Kartu di kelas IV SDN 05 Alang Rambah meningkat dengan kategori baik (B).

Referensi

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Istarani. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Media Persada.

Kadir, dan Hanun Asrohah. 2015. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khairunnisak. 2015. Penggunaan Media Kartu Sebagai Strategi Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan: Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rukoh, Banda Aceh. Vol. 9, N0. 2. ISSN: 1693 – 1775

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPP/article/view/2877

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kunandar. 2018. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Lestari, dkk. 2017. Penerapan Model Tari Bambu (Bamboo Dancing) Dengan Media Kartu Dalam Peningkatan Hasil Belajar Guruan Kewarganegaraan Tentang Organisasi di Kelas V Sekolah Dasar. Vol. 5, No. 5

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Margareta, dkk. 2014. Penggunaan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Vol 3, No 5

Masdiana, dkk. 2014. Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pada Lingkungan Siswa kelas 1 SDN 018 Letawa Kecamatan Sarjo Kebupaten Mamuju Utara. Vol 3, No 2

Muhdhor, M. Hussein. 2019. Penerapan Model Pembelajaran (ATI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa Pada Materi Turunan Kelas XI-B SMA Al-Azhar Surabaya. Gresik: Universitas Muhammadiyah

Mulyasa. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Resmaja Rosdakarya.

Permendikbud. 2016. Standar Proses Pembelajaran Tematik Terpdu

http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/prinsipprinsip-pembelajaran-tematik-terpadu

Priansa, Doni juni. 2019. Pengembangan Strategi &Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saraswati, Erika Dewi. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Metode Brainstorming Tipe Round Robin. Malang: Universitas Muhammadiyah

Sativa, Denianto Yoga. 2012. Penggunaan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Kolombo Sleman Yogyakarta.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Guruan. Bandung: Alfabeta.

Taufik, Taufina dan Muhammadi. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.

Tinur, Rauza. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktor Atom di MAN 5 Bireuen. UIN AR-RANIRY

Ulfaira, dkk. 2015. Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Siswa Kelas III di SD Inpres Marantale Dalam Pembelajran Pkn Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing. Vol. 3, No. 3

Wasilah, E. B. 2012. Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Hasil Praktikum IPA Melalui Penggunaan Media Kartu. Vol. 1, No. 1

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-02