Identifikasi miskonsepsi pada materi panca indera manusia menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI) pada kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.227Kata Kunci:
Panca indera manusia, miskonsepsi, Certainty Of response Index (CRI).Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran miskonsepsi pada konsep panca indera manusia pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif kualitatif dengan mengunakan metode certainty of response index (CRI). CRI merupakan ukuran tingkat keyakinan atau kepastian responden dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberika, subjek penelitian terdiri atas 11 siswa. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakn tes diagnostic dan wawancara, sehingga didapatkan data miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi tertinggi terjadi pada konsep panca indera penglihatan (mata) sebesar 74,5%, sedangkan persentase miskonsepsi terendah ditemukan pada konsep pengertian pengertian panca indera manusia sebesar 37,83% . Penyebab dari miskonsepsi pada materi panca indera manusia adanya faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya yaitu yang berasal dari siswa yang meliputi pemikiran asosiatif siswa dan intuisi yang salah, sedangkan faktor eksternalnya meliputi metode mengajar, buku dan konteks. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ditemukan adanya miskonsepsi tentang konsep panca indera manusia pada siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Referensi
Ade, Tri Mustaqim. 2014. Identifikasi MIiskonsepsi Siswa Dengan Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (CRI) Pada Konsep Fotosintesis Dan Respirasi Tumbuhan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Eka, 2014. Miskonsepsi dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish
Muflikhah. 2020. Peningkatan HasilL Belajar IPA Materi Struktur Panca Indra Dan Fungsinya Melalui Strategi Student Center Learning Berbantuan Media Picture And Picture Pada Siswa MIM Gading 2 Klaten Utara Kabupaten Klaten. Klaten : Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Rahardjo. 2018. Antara Konsep, Proposisi, Teori Variabel, Dan Hipotesis Dalam Penelitian. Malang: Universitas Islam Negeri
Retnowati, dkk.2017.Tematik Terpadu Kurikulum 2013.jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud Fitria. 2019. Identifikas Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Disertai Certainty Of Response Index (CRI) Pada Materi Usaha Dan Energi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Saleem, Hasan. dkk. 1999.Misconseptions And The Certainty Of Response Index (CRI). Phys. Educ 34 (5) September. 1999
Suparno.2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta : PT Grasindo
Tayubi. 2017. Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainy Of Response Index (CRI). Mimbar Pendidikan. Vol. 24 (3) .