PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DAN LUAR JARINGAN (LURING) DI SEKOLAH DASAR SE-KELURAHAN PASAR AMBACANG KECAMATAN KURANJI
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.228Kata Kunci:
Online learning, offline learningAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam proses pembelajaran daring dan luring. Beberapa masalah tersebut antara lain pendidik terkendala dalam memperhatikan proses pembelajaran, pendidik terkendala dalam memberikan penilaian, pendidik terkendala dalam melihat perkembangan terhadap pemahaman peserta didik, pendidik tidak bisa memanfaatkan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran berlangsung, peserta didik terkendala dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi guru terhadap pembelajaran daring dan luring, untuk mengetahui perbandingan antara persepsi guru terhadap pembelajaran daring dan luring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dan penelitian kuantitatif komparatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa persepsi guru terhadap pembelajaran daring sangat baik, Tingkat Capaian Responden (TCR) untuk aspek perencanaan 89,56%, TCR untuk aspek pelaksanaan 88,89%, TCR untuk aspek evaluasi 92,71%. Persepsi guru terhadap pembelajaran luring sangat baik, TCR untuk aspek perencanaan 90,63%, TCR untuk aspek pelaksanaan 94,21%, TCR untuk aspek evaluasi 92,68%. Terdapat perbedaan antara kedua sistem pembelajaran ini, dilihat dari rata–rata keseluruhan jawabn yaitu pembelajaran daring memperoleh rata-rata 67,51, sedangkan pembelajaran luring memperoleh rata-rata 68,16.
Referensi
Ambarita, Jenri, dkk. 2020. Pembelajaran Luring. Indramayu Jawa Barat: Cv. Adanu Abimata.
Anggianita, Sonia, dkk. 2020. “Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan”. Jurnal Of Education Research. Vol 1. No (2). 178.
Arifin, Ahmad Syamsul dan Sukati. 2020. “Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Pembelajaran Daring Selama Program Belajar Dari Rumah (BDR) Di Masa Pandemi Covid-19”. Literasi. Vol 11. No (2). 151- 152.
Ayu, Satri, dkk. 2021. “Persepsi Guru Kelas Terhadap Pembelajaran Daring di SD Negeri 100 Melle”. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol 1. No 2. 173.
Ekantini, Anita. “Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid – 19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP”. Jurnal Pendidikan Madrasah. Vol 5. No 2. 190 – 191.
Harahap, Saripah Anum, dkk. 2021. “Problematika Pembelajaran Darin dan Luring Anaka Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di masa Pandemi Covid 19”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5. No 2. 1826 dan 1830 – 1831.
Muryati, Resy. 2021. “Proses Pembelajaran Daring/ Luring pada Masa Pandemi Covid – 19 di Kelas Imadrasah Ibtidaiyyah Nurul Itthad Kota Jambi”. Skripsi. Jambi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta
Surat Edaran No 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid - 19).