PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.229Kata Kunci:
Media pop up book, Pembelajaran Tematik Terpadu, model pengembangan 4D.Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa permasalahan yaitu berupa konsentrasi peserta didik rata-rata hanya terpusat di awal pembelajaran, selain itu media saat proses pembelajaran kurang kreatif dan inovatif. Pengemasan media yang ada di sekolah kurang menarik minat peserta didik untuk belajar di karenakan masih sederhana. Penggunaan media pembelajaran dirancang untuk mengembangkan cara belajar siswa agar lebih menarik sehingga di buatlah suatu alat peraga media pop up book. Media pop up book adalah media kertas yang apabila dibuka akan muncul obyek yang berbentuk tiga dimensi. Pengembangan ini menghasilkan media yang dapat di terapkan pada tema peduli terhadap makhluk hidup untuk kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas media pop up book . Jenis penelitian ini adalah Pengembangan R&D dengan menggunakan model 4-D (define, design, development, disseminate. Hasil validasi desain diperoleh nilai 94,2% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi materi diperoleh nilai 95,4% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi bahasa diperoleh nilai 77% dengan kriteria cukup valid. Hasil uji praktikalitas pendidik memperoleh nilai 98% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji praktikalitas peserta didik memperoleh nilai 85,4% dengan kriteria praktis. Hasil uji efektifitas memperoleh nilai 87% dengan kriteria sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pop up book pada pembelajaran tematik terpadu sudah dinyatakan sangat valid, praktis dan efektif digunakan.
Referensi
Ghery, Priscylio. Pengembangan Buku Pop-Up Pada Pokok Bahasan Kimia Rumah Tangga Ipa Smp. Jtk: Jurnal Tadris Kimiya x, x (xxxxx): x-xx Website: http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/tadris-kimiya/index Issn 2527-9637(online) Issn 2527-6816 (print)
Hanifah, Tisna Umi. 2014. Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal- Linguistik Anak Usia 4-5. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia
Inayahtur, Fatikh. Media Pembelajaran (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). E-Issn: 2579-7131 Pancawahana: Jurnal Studi Islam Vol.14, No.2, Desember 2019
Kartika, Qori dkk. 2019. Pengembangan Media Buku Pop - Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar . JP2, Vol 2 No 2, Tahun 2019 p-Issn : 2614-3909 e-Issn : 2614-3895
Khoiriyah,Evi dkk .2017. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (Jbpd), Vol.2 No.2 Juni 2018 Http: Ejournal.Unikama.Ac.Id/Index.Php/Jbpd
Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu (Teori, Praktik dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Lestari, dkk. 2018. Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Peserta Didik Kelas X Sma/Ma. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep). Vol.2 No 2. Diakses 07 Juni 2021
Oktaviarini, Nourma. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Tema Lingkungan Dan Alam Sekitar Untuk Siswa Kelas IV Sd. Jurna Pena Sd Vol 03 No 01
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta CV
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.