PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO–VISUAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SDN 02 PASAR BARU PESISIR SELATAN

Authors

  • Khairul Ikhwan
  • Cici Kamala Dola Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.230

Keywords:

Media, Problem Based Learning, Tematik Terpadu, Validitas

Abstract

This study aims to develop and validate instructional media based on the Problem-Based Learning (PBL) model for integrated thematic learning, theme 3, sub-theme 2. The background of the study is that the media used in schools has not yet implemented a learning model, only presenting content and assignments without adequate illustrations, with unappealing visuals and printed on easily torn newspaper paper. This research is a type of Research and Development (R\&D) using the 4-D model (Define, Design, Develop, Disseminate). The results show that the developed media received highly valid scores from experts: design (93.75%), content (90%), language (83.25%), and lesson plan (87.5%). The PBL-based media is declared highly valid and suitable for use. The implementation of the PBL model in the media stimulates students’ creative thinking skills and fosters their learning interest through a more active, contextual, and engaging learning process

References

Ain. Karisma. 2019. Pengembangan Media Audio-Visual Untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 7 Subtema 2. Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan. Vol 3 (3) pp.216-222

Arsyad. 2007. Pengembangan Media Pembelajaran Audio visual tentang Pembuatan koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika Vol 15 No. 2 Hal. 156-178. Tersedia Pada: https://jurnal.lar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/578481

Arifin. 2010. Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Perspektif Islam .Vol1,No 1

Hamalik. Arsyad. Dwiasmoro. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran IPA SD Materi Daur Hidup Hewan Berbasis Metode Montessori. Yogjakarta. Universitas Sanata Dharma. Hlm.19-30

Hanafiah Nanang dan Cucu Suhana.2010.Konsep Strategi Pembelajaran.Bandung : Refika Aditama

Harmawan. Herlina (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis SETS Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan pemecahan Masalah. Jurnal: Indonesia Journal Of Science and Education, 1(1),17-29

Joni TR. Trianto. 2017. Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

James Popham (Eva L. Baker) 2005. Konsep Strategi Pembelajaran.Bandung : Refika Aditama

Jacobsen. 2009. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD. Yogjakarta: Diandra Creative

Kusuma, 2011. Model Pembelajaran di Sekolah.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ngalimun, Muhammad Fauzani. 2017. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogjakarta: Aswaja Pressindo

Rusman, Tri Arum, Mudzanatun, dan Damayati, Aries Tika. 2017. Pengembangan keterampilan Pemecahan Masalah (PBL) Sebagai Kreatifitas Guru Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Sholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 214-225

Remini. 2010. Pembelajaran Tematik Terpadu. Yogjakarta: Gaya Media

Sanaki. 2011. Media Pembelajaran SD. Bandung: Upi Press

Suprijanto. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Volume Kubus dan Balok Siswa Kelas IV SDN Krecek 1 Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-pedagogia Vol.01 No.07 Hal.1-9, Tersedia Pada: http//simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017

Sukandi. Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. Prof. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Hak Cipta

Sukmadinata. 2011. Pengembangan Media Audio-Visula Model PBL dan Alat Peraga Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah di SD (Fransina Thresiana Nomleni, Thedora. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol.8 No.3, September 2018:219-230

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2017. Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi aksara

Sugiono 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2024-02-02