Pengembangan Media Audio–Visual Berbasis Problem Based Learning Pembelajaran Tematik Terpadu DI Kelas IV SDN 02 Pasar Baru Pesisir Selatan
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.230Kata Kunci:
Media, Problem Based Learning, Tematik Terpadu, Validitas.Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang ditemukan di sekolah yaitu Media yang digunakan belum menggunakan model pembelajaran hanya menguraikan materi pembelajaran dan berisi soal-soal penugasan, dan belum lengkapnya contoh gambar dalam materi sehingga materi pembelajaran sulit dipahami peserta didik, tampilan warna gambar yang ada di Media kurang menarik minat peserta didik untuk belajar, menggunakan kertas koran yang mudah sobek. Dengan model problem based learning peserta didik mampu melakukan penemuan sendiri dengan mengembangkan proses berfikir kreatif peserta didik, sehingga dapat menumbuhkan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidkan Media berbasis model Problem Based Learning Jenis penelitian ini adalah Pengembangan R&D dengan menggunakan model 4-D (define, design, development, disseminate) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Media berbasis model Problem based learning yang dikumpulkan melalui angket validasi, digunakan untuk mengukur kelayakan Media. Sehingga diperoleh hasil uji validator desain (93,75%) termasuk kriteria sangat valid. Hasil uji validator materi (90%) termasuk kriteria sangat valid.Hasil uji valiadtor bahasa ( 83,25%) termasuk kriteria sangat valid sedangkan pada hasil uji validator rpp (87,5%) termasuk kriteria sangat valid. Membuktikan bahwa Media berbasis Problem Based Learning pada tematik terpadu tema 3 subtema 2 dinyatakan sangat valid dan layak digunakan
Referensi
Ain. Karisma. 2019. Pengembangan Media Audio-Visual Untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 7 Subtema 2. Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan. Vol 3 (3) pp.216-222
Arsyad. 2007. Pengembangan Media Pembelajaran Audio visual tentang Pembuatan koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika Vol 15 No. 2 Hal. 156-178. Tersedia Pada: https://jurnal.lar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/578481
Arifin. 2010. Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Perspektif Islam .Vol1,No 1
Hamalik. Arsyad. Dwiasmoro. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran IPA SD Materi Daur Hidup Hewan Berbasis Metode Montessori. Yogjakarta. Universitas Sanata Dharma. Hlm.19-30
Hanafiah Nanang dan Cucu Suhana.2010.Konsep Strategi Pembelajaran.Bandung : Refika Aditama
Harmawan. Herlina (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis SETS Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan pemecahan Masalah. Jurnal: Indonesia Journal Of Science and Education, 1(1),17-29
Joni TR. Trianto. 2017. Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
James Popham (Eva L. Baker) 2005. Konsep Strategi Pembelajaran.Bandung : Refika Aditama
Jacobsen. 2009. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD. Yogjakarta: Diandra Creative
Kusuma, 2011. Model Pembelajaran di Sekolah.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Majid. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ngalimun, Muhammad Fauzani. 2017. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogjakarta: Aswaja Pressindo
Rusman, Tri Arum, Mudzanatun, dan Damayati, Aries Tika. 2017. Pengembangan keterampilan Pemecahan Masalah (PBL) Sebagai Kreatifitas Guru Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Sholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 214-225
Remini. 2010. Pembelajaran Tematik Terpadu. Yogjakarta: Gaya Media
Sanaki. 2011. Media Pembelajaran SD. Bandung: Upi Press
Suprijanto. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Volume Kubus dan Balok Siswa Kelas IV SDN Krecek 1 Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-pedagogia Vol.01 No.07 Hal.1-9, Tersedia Pada: http//simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017
Sukandi. Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. Prof. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Hak Cipta
Sukmadinata. 2011. Pengembangan Media Audio-Visula Model PBL dan Alat Peraga Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah di SD (Fransina Thresiana Nomleni, Thedora. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol.8 No.3, September 2018:219-230
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2017. Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi aksara
Sugiono 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.