PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Jendriadi
  • Ahmad Fauzi Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.231

Kata Kunci:

Learning Video, Contextual Teaching And Learning, Integrated Thematics

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran tematik terpadu berbasis video di kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan model 4D yaitu define, design, development and dessimination . Pada tahap dessimination dilakukan uji coba terhadap sepuluh orang siswa kelas V Sekolah Dasar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar instrumen validasi media pembelajaran, instrumen praktikalitas yaitu berupa angket pendidik dan peserta didik. Instrumen validasi digunakan untuk mengetahui keabsahan dari media pembelajaran tematik terpadu berbasis video yang dirancang. Validasi dilakukan oleh ahli design, materi dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran tematik terpadu berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) di kelas V Sekolah Dasar sangat valid dengan skor validasi ahli design 3,75 dengan kategori sangat valid, validasi ahli materi dengan skor 3,44 dengan kategori sangat valid dan validasi ahli bahasa dengan skor 3,28 dengan kategori sangat valid, dan rata-rata nilai keseluruhan validasi yaitu dengan skor 3,49 (Sangat Valid). Untuk hasil Praktikalitas dari pendidik didapatkan nilai rata–rata 92% dengan kriteria penilaian Sangat Praktis, sedangkan untuk praktikalitas dari sepuluh peserta didik mendapatkan nilai rata – rata 90% dengan kriteria Sangat Praktis. Untuk hasil Efektivitas mendapatkan nilai rata – rata 80% dengan kriteria sangat efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran tematik terpadu berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) di kelas IV Sekolah Dasar sudah sangat valid, praktis, dan efektif.

Referensi

Arsyad. 2014. Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia (online), Volume 16, Nomor 01. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/down

load/20173/10899. Di akses tanggal 26 Mei 2021.

Akhmad Busyaeri, Tamsik Udin, A. Zaenudin. 2016. Pengaruh penggunaan Video pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon. Jurnal Akmaf Bustaeri, Tamsik Udin, A. Zaenudin, Pengaruh Penggunaan Video (online), Volume 3, Nomor 01. https://www.syekhnurjati.ac.id /jurnal/index.php/ibtida/article/ download/ 584/512. Di akses tanggal 1 juni 2021.

Amir. 2015. Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahassiswa PGSD Pada Mata Kuliah Konsep IPS Dasar. Jurnal Pedagogia (online), Volume 5, Nomor 01.http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/downloa

d/89/109. Di akses tanggal 27 September 2021.

Al Ibtida. 2016. Pengaruh penggunaan Video pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon. Jurnal Akmaf Bustaeri, Tamsik Udin, A. Zaenudin, Pengaruh Penggunaan Video (online), Volume 3, Nomor 01. https://www.syekhnurjati.ac.id /jurnal/index.php/ibtida/article/ download/ 584/512. Di akses tanggal 28 Mei 2021.

Bastiar Ismail Adkhar. 2015. Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Kelas 2 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Disd Labschool UNNES. Semarang : UNNES.

Cheppy Riyana. 2019. Studi Meta Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus (online), Volume 2, Nomor 03. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/viewFile/442/388. Di akses tanggal 28 Mei 2021.

Daryanto. 2013. Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia (online), Volume 16, Nomor 01. https://journal. uny.ac.id/index. php/jpakun/article/do

wnload/20173/10899. Di akses tanggal 28 Mei 2021.

Depdiknas. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tekonologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia (online), Volume 8, Nomor 02. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/download

/949/759. Di akses tanggal 30 Mei 2021.

Dutch dalam Amir. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masaah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (online), Volume 2, Nomor 01. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2058/1795.Di akses tanggal 25 Mei 2021.

Depdiknas. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tekonologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia (online), Volume 8, Nomor 02. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/download

/949/759. Di akses tanggal 27 Mei 2021.

Elaine B. Johnson. 2014. Contextual Teaching and Learning. Bandung : Kaifa.

Kwangsan. 2013. Fungsi dan Peranan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (online), Volume 1, Nomor 02. https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go. id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/7. Di akses tanggal 28 Mei

K.S. Diputra. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk iswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia (Online), Volume 5, No 02. https://ejournal.undiksha.ac.id/Ind

ex.php/JPI/article/viewFile/8475/8608. Di akses tanggal 5 Mei 2021.

Munir. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran (online), Volume 3, Nomor 01.http://journal.umpo.ac.id/index.php/dim

ensi/article/download/157/144. Di akses tanggal 27 Mei 2021.

Priyo Dwi Prayogo. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Tematik untuk siswa kelas IV SD Muhammaddiyah Condong Catur. Yogyakarta : UNY.

Prastowo. 2012. Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (online), Volume 1. Nomor 02.https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/arti

cle/download/816/704. Di akses tanggal 27 September 2021.

Rusman. 2019. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sanjaya. 2018. Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik (online), Volume 5, Nomor 02. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/20

/193. Di akses tanggal 27 September 2021.

Sugiyono. 2012 . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Syaeful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2016. Pengaruh penggunaan Video pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon. Jurnal Akmaf Bustaeri, Tamsik Udin, A. Zaenudin, Pengaruh Penggunaan Video (online), Volume 3, Nomor 01. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/do

wnload/584/512. Di akses tanggal 26 Mei 2021.

Trianto. 2011. Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar ISSN 2355 - 1925 (Online), Volume 2, Nomor 01. http://ejournal.radenintan.ac.id/index

php/terampil/article/viewFile/1280/1008. Di akses tanggal 2 juni 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-02