PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.231Keywords:
Video Pembelajaran, Pembelajaran Kontekstua, Tematik TerpaduAbstract
This study aims to develop an integrated thematic learning media based on video for grade 5 elementary school students. Using the R&D method with the 4D model (define, design, development, dissemination), the dissemination phase involved a trial with ten students. The research instruments included a media validation sheet and questionnaires for the practicality of both teachers and students. The validation results showed that the media was very valid, with scores of 3.75 from the design expert, 3.44 from the content expert, and 3.28 from the language expert, with an overall validation score of 3.49. The practicality score from teachers was 92% (very practical) and from students was 90% (very practical). The effectiveness score was 80% (very effective). In conclusion, the Contextual Teaching and Learning (CTL)-based media for grade 5 elementary school students is highly valid, practical, and effective.
References
Arsyad. 2014. Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia (online), Volume 16, Nomor 01. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/down
load/20173/10899. Di akses tanggal 26 Mei 2021.
Akhmad Busyaeri, Tamsik Udin, A. Zaenudin. 2016. Pengaruh penggunaan Video pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon. Jurnal Akmaf Bustaeri, Tamsik Udin, A. Zaenudin, Pengaruh Penggunaan Video (online), Volume 3, Nomor 01. https://www.syekhnurjati.ac.id /jurnal/index.php/ibtida/article/ download/ 584/512. Di akses tanggal 1 juni 2021.
Amir. 2015. Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahassiswa PGSD Pada Mata Kuliah Konsep IPS Dasar. Jurnal Pedagogia (online), Volume 5, Nomor 01.http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/downloa
d/89/109. Di akses tanggal 27 September 2021.
Al Ibtida. 2016. Pengaruh penggunaan Video pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon. Jurnal Akmaf Bustaeri, Tamsik Udin, A. Zaenudin, Pengaruh Penggunaan Video (online), Volume 3, Nomor 01. https://www.syekhnurjati.ac.id /jurnal/index.php/ibtida/article/ download/ 584/512. Di akses tanggal 28 Mei 2021.
Bastiar Ismail Adkhar. 2015. Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Kelas 2 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Disd Labschool UNNES. Semarang : UNNES.
Cheppy Riyana. 2019. Studi Meta Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus (online), Volume 2, Nomor 03. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/viewFile/442/388. Di akses tanggal 28 Mei 2021.
Daryanto. 2013. Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia (online), Volume 16, Nomor 01. https://journal. uny.ac.id/index. php/jpakun/article/do
wnload/20173/10899. Di akses tanggal 28 Mei 2021.
Depdiknas. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tekonologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia (online), Volume 8, Nomor 02. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/download
/949/759. Di akses tanggal 30 Mei 2021.
Dutch dalam Amir. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masaah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (online), Volume 2, Nomor 01. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2058/1795.Di akses tanggal 25 Mei 2021.
Depdiknas. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tekonologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia (online), Volume 8, Nomor 02. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/download
/949/759. Di akses tanggal 27 Mei 2021.
Elaine B. Johnson. 2014. Contextual Teaching and Learning. Bandung : Kaifa.
Kwangsan. 2013. Fungsi dan Peranan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (online), Volume 1, Nomor 02. https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go. id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/7. Di akses tanggal 28 Mei
K.S. Diputra. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk iswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia (Online), Volume 5, No 02. https://ejournal.undiksha.ac.id/Ind
ex.php/JPI/article/viewFile/8475/8608. Di akses tanggal 5 Mei 2021.
Munir. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran (online), Volume 3, Nomor 01.http://journal.umpo.ac.id/index.php/dim
ensi/article/download/157/144. Di akses tanggal 27 Mei 2021.
Priyo Dwi Prayogo. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Tematik untuk siswa kelas IV SD Muhammaddiyah Condong Catur. Yogyakarta : UNY.
Prastowo. 2012. Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (online), Volume 1. Nomor 02.https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/arti
cle/download/816/704. Di akses tanggal 27 September 2021.
Rusman. 2019. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sanjaya. 2018. Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik (online), Volume 5, Nomor 02. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/20
/193. Di akses tanggal 27 September 2021.
Sugiyono. 2012 . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Syaeful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2016. Pengaruh penggunaan Video pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon. Jurnal Akmaf Bustaeri, Tamsik Udin, A. Zaenudin, Pengaruh Penggunaan Video (online), Volume 3, Nomor 01. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/do
wnload/584/512. Di akses tanggal 26 Mei 2021.
Trianto. 2011. Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar ISSN 2355 - 1925 (Online), Volume 2, Nomor 01. http://ejournal.radenintan.ac.id/index
php/terampil/article/viewFile/1280/1008. Di akses tanggal 2 juni 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jendriadi, Ahmad Fauzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.